Jaga Situasi Kamtibmas Tetap Kondusif, Polresta Laksanakan Patroli dan Sambang

0
49
Personil Polres Jayapura Kota saat melaksanakan patrol sambaing di Pasar Youtefa
Personil Polres Jayapura Kota saat melaksanakan patrol sambaing di Pasar Youtefa

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif,  Polres Jayapura Kota melaksanakan patroli dan sambang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam, S.Pd, M.Si, Selasa (10/9/2019) Pukul 10.30 WIT.

Patroli dan sambang tersebut diikuti sejumlah perwira Polres Jayapura Kota dan Danru BKO Brimob Bripka Gen Henli beserta 50 Personil BKO Brimob Kalimantan Tengah.

Kabag Ops Polres Jayapura Kota dalam arahannya saat memimpin apel sebelum patrol sambaing mengatakan, patroli akan dilakukan di Wilayah Kota Jayapura untuk kemberikan rasa aman, nyaman dan memberikan keamanan kepada masyarakat Kota Jayapura, agar masyarakat dapat melaksanakan kegiatan rutinnya setiap hari.

“Tujuan Patroli adalah kita untuk menghilangkan kesempatan kepada para pelaku tindak pidana agar tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan patroli disesuaikan oleh perwira pengendali, namun dikhususkan wilayah atau tempat-tempat yang rawan terjadinya tindak pidana dan konflik.

“Pada saat patroli di pemukiman masyarakat, kita memberikan sosialisasi agar masyarakat membantu aparat keamanan TNI-Polri untuk bersama-sama menjaga keamanan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Babinkamtibmas mendapat tugas memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat sesuai perkembangan situasi saat ini, yang mana masyarakat bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dan dapat mengamankan keluarganya.

Dan apabila terjadi permasalahan maka diselesaikan mulai dari tingkat RT hingga ke tingkat lebih tinggi yaitu kepolisian apabila tidak bisa ditangani.

“Situasi Kota Jayapura kita ketahui sudah kondusif dan tidak ada lagi masyarakat yang berjaga-jaga menggunakan senjata tajam dan aktifitas masyarakat mulai normal seperti biasanya,” jelasnya.

Pelaksanaan patroli di Wilayah Hukum Polres Jayapura Kota adalah dengan rute Jalan Percetakan, Jalan Soa Siu, Dok II Atas, Dok V Atas, Angkasa Distrik Jayapura Utara, BLK, Pantai Base’G, SPN, Dok IX, Dok VIII, Argapura, Pasar Hamadi, Hamadi Gunung, Tasangka dan Bucen II Entrop.

Anggota memberikan himbauan Kamtibmas kepada pengurus dan jamaah Masjid Al-Askar Bucen II Entrop agar tetap melaksanakan aktifitas dan ibadah seperti biasanya karena situasi Kota Jayapura sudah aman dan kondusif.

 

Wawan , selaku Ketua Takmir Masjid Al-Asqar Bucen II Entrop, saat dikunjungi mengatakan bahwa situasi Kamtibmas saat ini telah kondusif.

Namun, kata Wawan, masih ada ketakutan dari para jamaahnya, terutama saat Sholat Subuh. Namun setelah adanya anggota BKO Brimob dari kalimantan yang berjaga setiap malamnya di depan Masjid Al-Askar, sehingga jamaah Sholat Subuh yang tadinya hanya satu shaf (baris) saat ini sudah sampai tiga dan empat shaf dan beransur-ansur masyarakat kembali beribadah, karena jamaah kami kebanyakan dari Bucen II, Entrop dan Polimak.

Patroli dilanjutkan dengan rute Entrop, Skayline, Jalan Baru Yotefa dan Pasar Yotefa Abepura, BTN Skyline Kotaraja, STM, Kotaraja Dalam, RS. Bhayangkara Jayapura dan Pos Kampung Buton Skyline Distrik Jayapura Selatan, dan kembali ke Kota Jayapura.

Personil yang terlibat, selama patrol melakukan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat dan pelajar yang ada di lokasi, agar bersama-sama Polri menjaga keamanan di Kota Jayapura dengan tidak membawa senjata tajam dan alat-alat yang dapat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain.[yat]