Jelang HUT Polair Ke-750, Polairud Polda Papua Gelar Donor Darah

Suasana donor darah dalam rangka HUT Polairud ke-70 di Dermaga Dit Polairud Polda Papua, Rabu (18/11/20)
Suasana donor darah dalam rangka HUT Polairud ke-70 di Dermaga Dit Polairud Polda Papua, Rabu (18/11/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Menjelang HUT Polairuf ke-70 yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, Polairud Polda Papua menggelar donor darah di Dermaga Polairud Polda Papua, Rabu (18/11/20).

Wakapolda Papua, Brigjrn Pol. Mathius D. Fakhiri mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang sangat baik.

“Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan donor darah,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela pelaksanaan donor darah tersebut.

Wakapolda berharap kegiatan donor darah dapat lebih sering dilaksanakan oleh direktorat lainnya dalam upaya membantu masyarakat yang membutuhkan.

Di kesempatan sama, Direktur Polairud Polda Papua, Kombes Pol. Kasmolan mengungkapkan, bahwa donor dara tersebut digelar serentak secara nasional, yang merupakan instruksi dari Mabes Polri.

“Ini program dari Mabes Polri dengan target memecahkan rekor donor darah,” ungkapnya saat ditemui di sela-sela pelaksanaan donor.

Nantinya, jumlah pendonor yang ada dari Polda Papua dan seluruh daerah di Indonesia dilaporkan ke Mabes Polri untuk direkapitulasi.

Untuk di Papua, pelaksanaan donor darah dilaksanakan di dua tempat, yaitu selain di Dermaga Polairud dengan target sekitar 100 pendonor, dan di atas kapal milik Mabes Polri maupun milik Polairud Polda Papua yang ada di Timika dengan target sekitar 35 pendonor.

Donor darah di Polairud Polda Papua digelar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura, yang mana, di situasi pandemic Covid-19 kebutuhan donor darah meningkat, sementara jumlah pendonor mengalami penurunan.

Selain donor darah, sejumlah kegiatan juga akan digelar Polairud Polda Papua, diantaranya adalah bersih-bersih pesisir laut Teluk Humbold dan Teluk Youtefa yang akan digelar Hari Kamis (19/11/20).

Selain itu, juga ada pembagian 400 paket sembako, yang akan dilakukan di wilayah Danau Sentani, dan sejumlah kegiatan lainnya.[yat]