Kunjungan Kapolda Papua Didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Di Kabupaten Merauke

42

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Warterpauw didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Merauke, Jumat (17/04/2020) pagi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal dalam press releasenya mengatakan, Kapolda Papua bersama rombongan tiba di Kabupaten Merauke dan disambut langsung oleh Danrem Brigjen TNI. R. Agus Abdurrauf, S.I.P ,  M. Ter. Han, Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Lukman MT, Bupati Kab. Merauke Frederikus Gebze, SE, Msi, Danlanud J.R Dimara Kolonel. Pnb. Deni Hasoloan S., Kapolres Merauke Akbp. Agustinus Ary Purwanto, SIP, Dandim 1707 Merauke Letkol. Inf. Eka Ganta Candra, S.I.P., Wadanyon Brimob Batalyon D Pelopor AKP. Syarifudin Ahmad serta Pejabat Utama Polres.

“Pukul 09. 20 Wit Rombongan beristirahat sejenak di Vip Room kemudian menuju Mapolres Merauke dengan tradisi jajar hormat langsung meninjau Dapur lapangan TNI dan Polri bersama Negara kuat. Selanjutnya Kapolda Papua bersama rombongan menuju ke Aula kantor Bupati Merauke dalam rangka memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh personil Perwira TNI dan Polri yang ada di Kabupaten Merauke,” jelasnya.

Setelah memberikan arahan kepada personil, Kapolda Papua bersama rombongan kembali ke Jayapura. Saat ditemui di Bandara Mopah Merauke, Kapolda Papua mengatakan  bahwa atas nama pribadi dan Institusi Polri menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga korban pasa kejadian kesalahpahaman anggota TNI –Polri di Kabupaten Mamberamo Raya.

Namun karena keterbatasan waktu sehingga kami tidak dapat bertemu keluarga korban. Terkait permasalahan tersebut, Polda Papua bersama Kodam XVII/Cenderawasih telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan dan saat ini tim sudah berada di  Kabupaten Mamberamo Raya.

Pangdam XVII Cendrawasih dalam kesempatannya mengatakan, dirinya bersama Kapolda Papua turun ke lapangan dan melihat tempat kejadian perkaranya hingga di perjelas.

“Dari kunjunga kami terlihat  Tim sudah bekerja meminta keterangan saksi-saksi dan proses penegakkan hukumnya tetap berjalan dalam hal ini adalah POM kepada oknum anggota TNI, Propam Polda akan periksa personil Polrinya,” ujarnya.

Masalah penggantian anggota, keluarga korban yang kiranya dapat menjadi anggota TNI atau Polri, yang bersangkutan harus sesuai standar penerimaan namun kita terus berusaha dan mencari mungkin ada pihak keluarga ingin masuk anggota TNI kami akan fasilitasi, masalah Sinergitas TNI dan Polri tetap harus di pupuk yang pertama adalah menjaga kedamaian, kedua sinergitas TNI dan Polri dan yang ketiga bagaimana TNI dan Polri mendukung semua aktifitas yang dilakukan oleh Pemerintah daerah dalam membangun daerah ini.

Selama kegiatan kunjungan kerja Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cendrawasih di Kabupaten Merauke dapat berjalan dengan aman dan lancar. [redaksi]