Lomba Balap Burung Merpati Meriahkan HUT Bhayangkara di Keerom

0
294
Waka Polres Keerom Kompol Junus Pocerattu saat membuka lomba balap burung merpati di Jln. Poros Kampung Yaturaharja Arso X, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Sabtu (29/06/19)

KEEROM, PapuaSatu.com – Menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-73, Polres Keerom menggelar lomba balap burung merpati di Jln. Poros Kampung Yaturaharja Arso X Distrik Arso Kabupaten Keerom, Sabtu (29/06/19).

Lomba tersebut digelar melalui Sat Lantas Polres Keerom selaku panitia, bekerjasama dengan para pecinta merpati menggelar acara lomba balap merpati.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Waka Polres Keerom Kompol Junus Pocerattu, menurut penyelenggara lomba Iptu Jaluddin, S.Sos, bukan untuk mencari menang dan kalah, namun lebih mengutamakan sportifitas dalam kebersamaan untuk menyatukan dan menjalin silahturahmi Polisi dan Masyarakat.

Ada 35 tim dan 80 pasang merpati balap yang berlomba untuk mendapatkan tropi bergilir, piagam dan uang pembinaan yang akan diserahkan saat Upacar HUT Bhayangkara ke -73 di Mapolsek Arso Tanggal 10 Juli 2019.

“Di lomba ini pun kami sebenarnya juga ingin memperkenalkan merpati sebagai salah satu burung yang mudah untuk dikembangbiakkan, apalagi buat merpati balap,” kata Kasat Lantas.

Menurut Kasat Lantas sesuai kriteria lomba, merpati, yang dapat mengikuti lomba adalah merpati jenis lomba atau yang dikhususkan untuk lomba.

Penilaiannya pun hanya dengan melepaskan merpati dari jarak 700 meter. “Merpati yang paling cepat kembali ke betina/tuannya itulah yang menang,” tutur Kasat Lantas.

Salah seorang peserta lomba, Mugiono (45) mengubgkapkan bahwa acara sangat bagus sekali. “Kami sangat senang banyak peserta lomba yang datang dari luar Arso X, seperti Arso II, Swakarsa, Arso 14, Arso 13, Arso III dan Arso IV,” ungkapnya.

Mugiono juga berharap agar kedepan lomba balap merpati dapat diadakan lagi dalam.mengisi momen-momen tertentu.

“Tentunya kami sangat mendukung dan semoga berawal dari Polres Keerom menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Daerah untuk mensupport kami para pecinta burung merpati khususnya di Kabupaten Keerom,” tuturnya.

Ikut hadir dalam acara tersebut KBO Sat Lantas Res Keerom Iptu Darwis. M, Kasat Tahti Res Keerom Ipda Andi Alimin, Kasi Propam Res Keerom Ipda Yonis Purwanto dan beberapa Personil Polres Keerom.[yat]