Minim Persediaan Air di Perbatasan, Binmas Noken Polri Bantu Warga PNG

550

SOTA, MERAUKE, PapuaSatu.com – Musim kemarau yang terjadi di wilayah Kabupaten Merauke dan sekitarnya, mengakibatkan persediaan air masyarakat juga menipis. Tak terkecuali di wilayah Kampung Wereavere, Distric Morehead, PNG, yang berbatasan wilayahnya dengan Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Akibat kekurangan persediaan air untuk keperluan minum dan memasak, Kamis (11/10/2018) sore, 30 orang warga dari PNG berupaya meminta bantuan air bersih untuk minum dan memasak, yang kemudian mendatangi Polsek Sota.

Kedatangan mereka dengan membawa jerigen dan botol kosong untuk mengambil air demi kebutuhan memasak dan minum mereka, disambut oleh Kanit Pertanian Binmas Noken Polri, Iptu Ma’aruf Suroso, yang kemudian memberikan bantuan air dari persediaan yang dimiliki.

“Iya, mereka yang datang berasal dari Kampung Wereavere Distrik Morehead pada pukul 16.00 WIT. Mereka meminta bantuan air untuk memasak dan minum,” ungkap Iptu Ma’’aruf.

Iptu Ma’aruf menambahkan, kedatangan mereka masyarakat Papua Nugini itu diterima dan dilayani dengan baik.

“Kami melayani mereka dengan baik. Kami Memberikan air bersih yang berada dalam penampungan provil air kepada mereka yang diisikan dalam jirigen dan botol-botol air minum,” ceritanya.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Ma’ruf Amin juga mengimbau agar mereka membuat sumur, sehingga mereka tidak kekurangan air, karena musim kemarau yang panjang sangat berdampak pada kurangnya debit air diwilayah perbatasan RI-PNG tersebut.

Seorang masyarakat PNG yang enggan menyebutkan namanya pun menyampaikan terima kasihnya kepada Binmas Noken Polri, melalui Kepolisian Sektor Sota yang telah menerima serta melayani warga masyarakat Papua Nugini dengan baik.[yat]