Pastikan Warganya Aman, Danpos Ramil Yapbar Bersama Petugas Kesehatan gelar Pemeriksaan

159
Danpos Ramil 1709-04/Yapbar wilayah Yerui, Peltu M. Rizal Lerman bersama Kadistrik Pulau Yerui dan Petugas Puskesmas Wooi, saat hendak melakukan pemeriksaan kesehatan warga Kampung Miosnum, Selasa (05/05/2020)
Danpos Ramil 1709-04/Yapbar wilayah Yerui, Peltu M. Rizal Lerman bersama Kadistrik Pulau Yerui dan Petugas Puskesmas Wooi, saat hendak melakukan pemeriksaan kesehatan warga Kampung Miosnum, Selasa (05/05/2020)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Untuk memastikan warga di wilayah binaan tidak tertular oleh virus corona atau yang disebut dengan Covid-19, Danpos Ramil 1709-04/Yapbar wilayah Yerui, Peltu M. Rizal Lerman bersama dengan Kepala Distrik Pulau Yerui, Kristian Berotabui dan Petugas Kesehatan dari Puskesmas Wooi, melakukan pemeriksaan kembali kepada warga Kampung Miosnum usai menjalani karantina mandiri selama 14 hari, pada Selasa (05/05/2020).

Pada kegiatan tersebut, Peltu M. Rizal Lerman menjelaskan, bahwa sebelumnya ada warga di Yerui yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta sudah menjalani karantina mandiri di rumahnya.

“Sebelumnya ada warga disini yang menjadi ODP kerena mereka  sudah melakukan perjalanan dari luar daerah yang memiliki kasus poitif corona. Oleh karenanya, dari pihak kesehatan dan juga aparat terkait di wilayah menyarankan untuk dilakukan isolasi/karantina mandiri sehingga dapat memulihkan kondisi tubuh mereka dan dapat beristirahat dengan cukup, serta meminimalisir penularan penyakit,” katanya.

“Selanjutnya setelah menjalani karantina mandiri dan dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh dan juga kondisi kesehatan mereka, kesemuanya dinyatakan dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala yang menunjukkan mengarah kepada Covid-19,” tambahnya.

Kendati dinyatakan aman dari virus, Danpos Ramil 1709-04/Yapbar Peltu Rizal bersama Kepala Distrik Pulau Yerui Kristian Berotabui tetap meminta warga untuk tetap menjalani prosedural kesehatan dengan tetap melakukan pembatasan sosial.

“Untuk saat ini tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang sifatnya keramaian dan selalu menggunakan masker ketika melakukan aktivitas, khususnya di luar rumah, sebagai langkah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya.[yat]