Polres Merauke Sosialisasikan Saber Pungli dan Berita Hoax di Kampung Hidup Baru

658

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aparat kepolisian Polda Papua dan jajarannya terus melakukan sosialisasi Kamtibmas di lingkunagn masyarakat hingga kampong-kampung.

Seperti yang digelar Polres Merauke yang diwakili Bhabinkamtibmas Polsek Tanah Miring Bripka Sudoko, yang pada Selasa (12/2/2019) di Balai Kampung Hidup Baru melaksanakan sosialisasi Saber Pungli dan terkait penyebaran berita bohong (hoax).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kampung Hidup Baru beserta aparat kampung, Kepala Puskesmas Tanah miring dr. Okta Sihombing beserta staf Puskesmas, Kepala SD Negeri 7, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, Babinsa serta 50 orang warga Kampung Hidup Baru.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Bripka Sudoko menyampaikan imbauan kamtibmas serta mengajak para pelayan publik di Kampung Hidup Baru, baik di Puskesmas, di sekolah maupun di kantor kampung agar tidak melakukan Pungli dalam pelayanan kepada masyarakat.

Terkait dengan penyebaran berita hoax (bohong), Bripka Sudoko menjelaskan bahwa hoax itu adalah berita bohong yang sengaja dibuat oleh seseorang atau kelompok untuk sengaja maupun tidak sengaja yang bisa menganggu situasi kamtibmas.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini diimbau kepada para bapak ibu jangan mudah terprovokasi dengan pemberitaan-pemberitaan yang belum tentu kebenarannya yang diposting di medsos atau mungkin ada isu-isu yang berkembang dimasyarakat kalau bisa dicek dulu kebenarannya, kemudian jangan main hakim sendiri. Lakukan koordinasi dengan kami pihak keamanan sehingga kami bisa mengambil langkah-langkah,” imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Sudoko juga menginformasikan  bahwa pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 sudah semakin dekat, sehingga diimbau semua warga dapat mensukseskannya, sehingga dapat berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Yaitu dengan cara tidak mudah terprovokasi, tidak main hakim sendiri dan terus bekerja sama dengan aparat keamanan dengan melakukan komunikasi dan juga koordinasi.[yat]