Polres Merauke Sosialisasikan Saber Pungli Kepada Institusi di Lingkup Pelabuhan

Sejumlah perwakilan dari institusi layanan publik di kawasan Pelabuhan Merauke saat mengikuti sosialisasi Saber Pungli dari Polres Merauke
Sejumlah perwakilan dari institusi layanan publik di kawasan Pelabuhan Merauke saat mengikuti sosialisasi Saber Pungli dari Polres Merauke

MERAUKE, PapuaSatu.com – Guna memberikan pemahaman terkait upaya memberantas pungutan liar di tempat-tempat layanan publik, Rabu (8/8/2018), Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kabag Ops Kompol Marthin Koagouw, SH yang didampingi Kasat Reskrim, Kanit Tipkor dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke menggelar sosialisasi Saber Pungli.

Bertempat di terminal pelabuhan laut Merauke, sosialisasi diikuti 100 peserta yang merupakan perwakilan dari sejumlah institusi yang menyelenggarakan layanan publik, antara lain dari PT. Pelindo, Syahbandar, Pelni, KPLP, Navigasi dan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke.

“Saya mewakili Kapolres Merauke yang berdasarkan Skep dari Bapak Bupati sebagai penanggung jawab Satgas Saber Pungli Kabupaten Merauke, dimana tim ini terpadu terdiri dari Pemda hal ini Inspektorat, Polres dan Kejaksaan,” tutur Kabag Ops.

Kata Kompol Marthin Koagouw, Pungli adalah sesuatu pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuannya.

Tugas tim Saber Pungli, adalah melaksanakan upaya pencegahan dengan memberikan sosialisasi.

Dan apabila ada temuan – temuan pada pelayanan public, diharapkan masyarakat jangan takut melaporkan kepada Tim.

Karena sebagaimana kebijakan pemberantasan Pungli oleh pemerintahan Presiden dibawah kepemimpinan Jokowi, tidak ada pungutan liar di layanan publik.

“Untuk Polda Papua, perintah ini langsung dari Irwasda Papua kepada setiap Polres, agar melaksanakan kegiatan sosialisasi,” ujar Kabag Ops.

Lebih lanjut dikatakan, maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi Saber Pungli, yaitu memberikan pemahaman dengan memberikan sosialisasi kepada seluruh pelayanan publik kepada warga masyarakat seperti di Polri, Catatan sipil, Pertanahan, Perhubungan dan lain sebagainya.

“Kita mengingatkan jangan ada pungutan liar yang tidak sesuai dengan ketentuannya, bila ada resiko ditanggung masing – masing individu, karena dalam waktu dekat kita akan laksanakan operasi Saber pungli, jangan ini dianggap main–main, ini merupakan kebijakan Presiden Jokowi untuk kita laksanakan bersih–bersih, permudah pelayanan kepada masyarakat dan jangan mempersulit,” tegasnya.

Kepala Kantor Pelni Cabang Merauke Bapak M. Sitorus dalam kesempatan tersebut menyampaikan sangat apresiasi atas kegiatan tim Saber Pungli di Kabupaten Merauke.

“Bila sudah dilaksanakan sosialisasi, nanti pastinya ada yang di OTT, jadi kita harus laksanakan tugas sesuai ketentuan,” ungkapnya.[yat]