Rp 12 Milyar DIPA Polda Papua Direfocusing Untuk Penanganan Covid-19

0
38
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memaparkan refleksi semester I Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Papua, Jumat (26/6/20)
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memaparkan refleksi semester I Tahun 2020 di Aula Rupatama Mapolda Papua, Jumat (26/6/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam membantu pemerintah dari sisi anggaran penanganan pandemic Covid-19 yang melanda dunia, Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) Polda Papua, direfokusing sebesar Rp 12 milyar lebih.

Hal itu terungkap dalam refleksi semester I Tahun 2020 oleh Kapolda Papua di Aula Rupatama Mapolda Papua, Jumat (26/6/20).

“Dalam rangka mendukung operasionalisasi pandemic covid-19, dana ini ditarik lagi ke pusat, kemudian satupadukan di Kementerian Keuangan, dan disalurkan ke daerah-daerah,” ungkap Kapolda.

Pandemic Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir, kata Kapolda, berdampak juga pada penyerapan anggaran di Polda Papua, dari total DIPA Tahun 2020 sebesar Rp. 1,89 triliyun, penyerapan anggaran di semester I Tahun 2020 bantu 36,08 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga memaparkan terkait jumlah personel Polda Papua dan jajaran Polres-Polres di 29 kabupaten/kota, bahwa bila dilihat dari rasio berdasarkan jumlah penduduk Papua, jumlah personel polisi sudah ideal.

“Yang menjadi permasalahan yaitu bila rasio itu dilihat dari luas wilayah Papua yang sangat luas dan banyak daerah-daerah yang sulit di jangkau, sehinga satu anggota polisi harus mengamankan 27 kilometer persegi,” ungkapnya.

Sedangkan tentang situasi keamanan dan kecelakaan lalu lintas selama Semester I Tahun 2020, mengalami penurunan sekitar 23% bila dibandingkan dengan tahun lalu.

“Semoga ini bisa dipertahankan atau akan kita upayakan untuk semakin menurun,” jelasnya.[yat]