Satuan Binmas Polres Jayapura Sosialisasikan Anti Hoax, Saber Pungli dan Pemilu Damai

291

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aparat kepolisian terus berupaya mengajak masyarakat untuk dapat berperan dalam menjaga Kamtibmas, terutama menjelang pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Anggota Legislatif (Pileg).

Kali ini, Sabtu (5/1/2019) pukul 09.00 WIT di komplek perumahan warga Jayawijaya dan Tolikara RT 1/ RWI, Kelurahan Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, aparat dari Satuan Binmas Polres Jayapura mengelar deklarasi anti hoax, sekaligus sosialisasi Saber Pungli dan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

Sosialisasi tersebut yang dipimpin  Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Yudo Winarno, serta dihadiri Kasat Tahti Polres Jayapura IPTU Edi Hetaria, KBO Satuan Binmas Polres Jayapura IPTU Dorlince Banundi, Kanit I Politik Satuan Intelkam IPDA Sunggul Sinurat, SH, Kepala Kampung Doyo Baru yang diwakili oleh Ketua RT.1 RW. I Yason Tabuni, tokoh agama, tokoh adat Pdt. Elvis Wonda dan sekitar 65 warga RT. 1 RW. I Kampung Doyo Baru.

Kepala Kampung Doyo Baru yang diwakili Ketua RT 1 RW. I dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak Polres Jayapura yang dipimpin oleh Kasat Binmas telah meluangkan waktunya untuk menyambangi warga.

“Semoga nantinya kebersamaan ini dapat terus kita jaga,” ungkapnya.

Kasat Binmas Polres Jayapura dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi dengan warga masyarakat.

Sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat , agar turut mendukung serta mengambil bagian dalam mensukseskan Pilleg dan Pilpres 2019 yang tidak lama lagi digelar dengan tidak menjadi pemicu timbulnya gangguan kamtibmas serta turut menjaga keamanan bersama aparat TNI dan Polri.

“Selain itu, diharapkan kepada warga masyarakat  agar tidak mudah terpengaruh dengan isu – isu negatif dan agar lebih selektif dengan adanya pemberitaan yang tidak benar yang di sebut HOAX, serta jangan mudah percaya terhadap isu – isu yang tidak bertanggung jawab atau ikut menyebarkan berita dengan sembarangan,” imbaunya.

Kasat Binmas juga meminta kepada warga, bila mendapati adanya pungutan-pungutan liar atau palak, aau pungutan yang tidak resmi/liar, baik oleh individu maupun instansi, agar segera melaporkan kepada petugas kepolisian.

“Mengingat hal tersebut baik pemberi maupun penerima akan mendapatkan sanksi,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas juga menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada tokoh masyarakat, pelajar dan pemuda yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.[yat]