Sertijabkan Empat Pejabat Utamanya, Kapolda Tekankan Pengaman PON XX

0
252
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memberi ucapan selamat kepada Irwasda Polda Papua yang baru, Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, SH., usai Sertijab, Jumat (14/02/20)
Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat memberi ucapan selamat kepada Irwasda Polda Papua yang baru, Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, SH., usai Sertijab, Jumat (14/02/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Gerbong Polda Papua kembalj brrgulir. Kali ini, empat pejabat utama Polda Papua diganti, dalam upacara serah terimakan jabatan (Sertijab) di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (14/02/20).
Pejabat tersebut antara lain Irwasda, Karo SDM, Dirintelkam, Dirreskrimum dan kabidkum Polda Papua Serta Bhayangkari, yang disertijabkan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/385/II/KEP./2020 dan ST/387/II/KEP./2020 tanggal 3 Februari 2020.
Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam amanatnya memberikan penekanan kepada pejabat yang baru ataupun semua jajaran Polda Papua, terkait pentingnyà masalah keamanan Papua menjelang PON dan sejumlah iven nasional lainnya yang akan digelar sepanjang Tahun 2020 di Papua.
Terutama, bagaimana memahami pentingnya PON dan menyukseskannya, yang menjadi atensi Presiden kepada Kepolisian dan unsur terkait.
Keamanan yang menjadi tugas utama Polda Papua dan jajaran, menjadi hal paling penting untuk suksesnya PON.
Yang mana, penanggungjawab keamanan telah dialihkan dari yang sebelumnya adalah Pangdam, saat ini dipercayakan kepada Kapolda Papua.
“Kita harus all out, kita harus mulai sekarang melakukan cipta kondisi,” tegas Kapolda.
Iven nasional lain yang akan digelar di Papua, diantaranya adalah Pilkada, Pesparawi, dan sidang-sidang atas kasus kerusuhan pada Agustus-September yang sudah mulai memasuki agenda putusan di sejumlah pengadilan di Jayapura, Wamena dan Biak.
Kepada yang meninggalkan Polda Papua diminta untuk membawa hal-hal yang baik dan menggalkan yang tidak baik.
Dan kepada pejabat yang baru, saya mengucapkan selamat atas kepercayaan dari Polri untuk memangku jabatan baru.
Sertijab tersebut, kata Kapolda, merupakan hal biasa, namun sangat penting di tubuh kepolisian, dengan tujuan Regenerasi kepemimpinan dan juga sebagai rangkaian kegiatan Tour Of Duty dan Tour Of Area.
Pejabat tersebut antara lain Irwasda, dari Kombes Pol Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si, digantikan oleh Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin, SH., yang sebelumnya menjabat sebagai Dir. Intelkam Polda Papua.
Selanjutnya, Dir. Intelkam Polda Papua dijabat oleh Kombes Pol Alfred, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri.
Pejabat berikut adalah Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol Muchammad Yudi Hartanto digantikan oleh Kombes Pol Aris Haryanto, S.I.K., M.Hum., yang sebelumnya menjabat sebagai Assesor Utama Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri.
Berikutnya lagi, adalah Dir Reskrium Polda Papua, Kombes Pol Tony Harsono, S.I.K., yang mengikuti Dik Lemhanas PPRA LX T.A 2020), digantikan oleh Kombes Pol Kolestra Siboro, S.H., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidkum Polda Papua.
Dan Kabidkum Polda Papua dijabat AKBP Guntur Agung Supono, S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagdalops Roops Polda Sumut.[yat]