Terus Sosialisasikan Saber Pungli, Sat Binmas Sambangi Warga Dok VIII Pantai

501

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sebagai upaya untuk terus mensosialisasikan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Satuan Binmas Polres Jayapura Kota mengunjungi RT 3/RW III Dok VIII Pantai, Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, untuk mengelar penyuluhan Saber Pungli, Kamis (18/10/18) Sore Pukul 16.00 WIT.

Penyuluhan yang digelar di depan Rumah Ketua RT 3 RW III, Hengky Fonataba tersebut, dipimpin KBO Sat Binmas Polres Jayapura Kota Ipda Abdulloh Chariri didampingi Kanit Bin Kamsa Ipda Miftachul Ulum dan dua staf Binmas.

Dalam penyuluhannya, KBO Sat Binmas dan Kanit Bin Kamsa menyampaikan materi terkait Saber Pungli, dimana kini Kota Jayapura telah terbentuk Satgas Saber Pungli dan yang bertindak sebagai Kasatgas yakni Wakapolres Jayapura Kota, Kompol Heru Hidayanto, S.Sos.

“Segala bentuk pungutan yang tidak jelas dari instansi berwenang, dapat dikategorikan pungli,” Tegas Ipda Abdulloh Chariri.

Selain itu, lanjutnya, Pungli dapat terjadi apabila ada yang memberi dan yang menerima.

Karena itu Ipda Abdulloh mengimbau semua warga untuk tidak member peluang dengan memberikan sesuatu kepada petugas, yang diluar dari ketentuan yang ada.

Dirinya juga meminta agar warga tidak segan-segan melaporkan apabila ada pungli di lingkungan sekitarnya.

Yaki melalui nomor kontak Satgas Saber Pungli Kota Jayapura, melalui What’sApp (WA) 08297480212, atau SMS ke 081344683950, dan bisa juga melalui Email : saberpunglipapua@polri.go.id.

Di kesempatan sama, Kanit Bin Kamsa juga menyampaikan pesan Kamtibmas, yakni diharap warga dapat menjaga situasi lingkungan masing-masing dalam rangka menghadapi Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

Selain itu, agar warga dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terprovokasi penyebaran berita hoax (berita bohong).

“Jangan membawa senjata tajam apabila bepergian, karena dapat diproses dengan dikenakan Undang-Undang Darurat No.12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun tahun penjara,” imbaunya.[yat]