Tindaklanjuti Lima Instruksi Presiden, Polda Papua Lakukan Penataan Hingga Polsek-Polsek

0
140
Caption : Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Rudolf A. Rodja saat memberikan keterangan pers di lapangan Brimob Kotaraja
Caption : Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Rudolf A. Rodja saat memberikan keterangan pers di lapangan Brimob Kotaraja

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Momen peringatan HUT Bhayangkara ke-73, serentak di seluruh Indonesia diperingati pada Kamis (10/72019) dalam bentuk upacara dan syukuran potong tumpeng.

“Saya mulai menata kembali, khususnya di internal sampai ke Polsek-Polsek, bagaimana kita melayani, melindungi masyarakat  lebih baik,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Rudolf A. Rodja saat disinggung tindak lanjut atas instruksi Presiden RI dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda saat selaku inspektur upacara HUT Bhayangkara ke-73, di Lapangan Mako Brimobda Papua, Kamis (10/6/2019).

Melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik serta menegakkan hukum yang merupakan tugas kepolisian, kata Kapolda diterjemahkan dalam berbagai sub bidang tugas, yang sudah diinstruksikan sampai jajaran terdepan untuk selalu bersama rakyat.

Sekedar diketahui, Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya saat resepsi HUT Bhayangkara ke-73 menyatakan siap menindaklanjuti lima instruksi Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanaan tugas.

Lima instruksi tersebut, yaitu: pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua, mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat. Ketiga,  meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Keempat, meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Kelima, memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

“Melalui pelaksanaan lima instruksi tersebut, diharapkan Polri semakin profesional, modern, dan terpercaya, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam negeri,” harap Kapolda.[yat]