Dit Lantas Polda Papua Sosialisasikan UU No 2 Tahun 2009 Pada Kegiatan Car Free Day

0
225

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Memanfaatkan momen car free day di kawasan jalan Soa Siu depan Kantor Gubernur Papua, Hari Sabtu (3/8/2019) pukul 06.00 Wit, Dit Lantas Polda Papua Sosialisasikan UU No 2 Tahun 2009.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Papua AKBP Lucky Supusepa, S.H, Personil gabungan Satker Polda Papua dan Masyarakat Kota Jayapura.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Papua Yang menyampaikan tentang pentingnya ketertiban dalam berlalul lintas sesuai dengan Undang-Undang No 22 Tahun 2009.

Pasal 284 Jo. Pasal 106 ayat 2 mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda. Apabila melanggar pasal tersebut dikenakan denda Rp. 500.000,. dan proses hukum tetap berjalan sesuai teknis di lapangan.

Disampaikan juga tentang tata tertib berkendara yang baik dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berekendara termasuk kondisi kendaraan bermotor serta kelengkapan administrasi.

Saat berkendara pastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam keadaan baik dan lengkap yaitu rem, lampu sen dan harus menggunakan helm bagi pengendara roda dua.

Kemudian Pasal 285 ayat 1 Jo. Pasal 106 ayat 3 dan Pasal 48 ayat 2 dan 3, tidak memenuhi teknis Laik jalan: tidak memiliki kaca spion, tidak memiliki klakson, tidak memiliki lampu rem, tidak memiliki lampu penunjuk arah, tidak memiliki knalpot, tidak memiliki spido meter, kedalaman alur ban, apabila melanggar dikenakan denda Rp. 250.000,-.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar masyarakat lebih memahami bagaimana cara mengemudi yang baik dan kelengkapan apa yang harus dibawa saat saat berlalu lintas di jalan raya.

Selain itu dalam kegiatan ini disampaikan tentang adanya pemutihan pajak yang merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi Papua.

Pemerintah Provinsi Papua membebaskan tunggakan pajak kendaraan bermotor, penghapusan bea balik nama kendaraan dan sanksi administrasi, sesuai dengan keputusan Gubernur nomor 188.4/207/2019. Penerapan kebijakan ini dilakukan mulai 1 Agustus s/d 31 November 2019.

Penerapan kebijakan Gubernur Papua ini juga untuk meningkatkan pelayananan kepada masyarakat pemilik kendaraan. Dalam hal ini, PT Jasa Raharja bekerjasama dengan Samsat Provinsi Papua dan Bapenda Papua.

AKBP Lucky Supusepa, S.H selaku Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Papua menghimbau kepada seluruh peserta Car Free Day untuk bisa membantu mensosialisasikan tentang kebijakan Pemutihan Pajak tersebut kepada Masyarakat Kota Jayapura lainnya. Diharapkan kebijakan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pengemudi kendaraan bermotor dan digunakan sebagamana mestinya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama oleh seluruh Peserta Car Free Day hingga Pukul 08.00 Wit diakhiri dengan menyantap Snack yang telah disediakan oleh Dit Lantas Polda Papua selaku penyelenggara.[yat]