Jalin Silaturahmi, Pj. Walikota Buka Puasa Bersama Warga HKJM

44

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Penjabat (Pj) Walikota Jayapura Frans Pikey turut menghadiri Silaturahmi Buka Puasa Bersama Himpunan Keluarga Jawa Madura (HKJM) Kota Jayapura, yang berlangsung di Mushola At-Taqwa Dok V Atas, Kota Jayapura, Papua (10/4/2023).

Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama ini diikuti oleh seluruh paguyuban di bawah HKJM, Forkom LKN (Lintas Kerukunan Nusantara) dan tamu undangan.

Ketua HKJM Kota Jayapura Imam Khoiri mengatakan sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas), HKJM menjadi rumah besar atau forum silaturahmi bagi warga dari suku-suku yang berasal dari Pulau Jawa dan Madura.

“Maka di bulan yang suci ini yang penuh berkah, maghfirah dan ampunan kita umat muslim melaksanakan puasa sehingga kami manfaatkan momen ini untuk berbuka puasa bersama. Harapannya menjadi ajang silaturahmi sesama warga HKJM dan warga paguyuban lainnya,” ungkap Imam Khoiri.

Dikatakan, acara buka puasa bersama ini juga sebagai implementasi dari peranan dan tanggung jawab moral untuk merawat kebersamaan, serta nilai-nilai yang positif baik nilai agama, nilai ekonomi maupun nilai budaya.

“Jadi acara buka puasa bersama ini merupakan bentuk kerja sama antar warga HKJM, melalui tenaga, pikiran, waktu maupun materi, sehingga alhamdulillah acara hari berjalan sukses,” ujarnya.

Ditambahkan, selaku bagian dari warga Kota Jayapura yang heterogen, HKJM selalu ingin memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Kota Jayapura.

Dirinya tidak lupa berterima kasih kepada Pj Walikota Jayapura Frans Pekey yang telah menghadiri undangan Buka Puasa Bersama HKJM Kota Jayapura, sebagai bentuk mengayomi warga HKJM di Kota Jayapura.

Sementara itu Pj Walikota Jayapura Frans Pekey mengatakan kehadirannya pada Acara Buka Puasa Bersama ini sebagai upaya mendekatkan diri kepada setiap warga masyarakat, terutama umat muslim yang ada di Kota Jayapura.

“Pemerintah Kota Jayapura seperti biasa setiap Ramadhan selalu melakukan safari, dan kami telah melakukannya di beberapa panti asuhan dan pondok-pondok pesantren, kebetulan hari ini menghadiri Buka Puasa Bersama saudara-saudara saya dari HKJM,” ungkap Pj Walikota Frans Pekey.

Ditambahkan, ajang Buka Puasa ini selain menjadi sarana menjalin kebersamaan antara pemerintah dengan warganya tapi juga menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat yang heterogen di Kota Jayapura.

“Pada kesempatan ini, saya sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Jawa Sunda Madura yang telah memberikan sumbangsih dalam membangun dan memajukan Kota Jayapura sampai dengan saat ini,” tuturnya.

Pj Walikota tidak memungkiri jika keberadaan warga HKJM sudah sangat lama ikut terlibat dalam berbagai proses pembangunan di Kota Jayapura, dalam berbagai sektor usaha baik formal maupun informal.

“Jadi tugas pemerintah dan forkopimda adalah bersama-sama mengajak warga tetap menjaga kota yang kita cintai bersama ini tetap aman, nyaman, damai sehingga semua aktifitas masyarakat kota bisa berjalan dengan lancar,” tutupnya.[yat]