Kepala BKN Regional IX Jayapura Beberkan Alasan Pengumuman Hasil CPNS Formasi 2018 Belum Diumumkan

0
196
Kepala BKN Regional IX Jayapura, Paulus Dwi Laksoni Haryono

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional IX Jayapura, Paulus Dwi Laksoni Haryono beberkan alasan hasil tes CPNS formasi 2018 yang hingga saat ini belum juga diumumkan.

“Hasil tes formasi 2018 kemarin ada sedikit permasalahan terkait dengan penentuan hasil 80 persen (untuk OAP) dan 20 persen (non OAP) ternyata dari beberapa Kabupaten, banyak yang tidak tercukupi 80 persennya (untuk OAP) karena ada formasi-formasi yang ditugaskan untuk putra-putri Papua, akan tetapi tidak ada pelamarnya atau kurang pelamar sesuai yang ditetapkan,” bebernya, Kamis (21/11).

Ia mencontohkan, misalnya seorang perawat di distrik perkotaan pelamarnya melimpah, sedangkan pada formasi hanya 10 saja.

Sementara itu, di satu sisi ada formasi yang di daerah perbatasan atau pedalaman sama-sama perawat tetapi formasinya ada 4 namun yang lamar tidak ada atau yang hanya 2.

“Berarti kan tidak tercukupi yang pemenuhan itu. Nah ini sedang dibahas panitia seleksi nasional di Kemenpan nanti setelah itu selesai baru dikembalikan lagi ke daerah untuk diumumkan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, pengumuman tes CPNS 2018 adalah berdasarkan perangkingan setiap jabatan.

“Bisa terjadi, seorang perawat yang melamar diperkotaan nilainya 250 tetapi ada perawat yang melamarnya di daerah pedalaman nilainya 170 bisa saja yang 170 diterima tapi yang 250 tidak diterima karena dia melamarnya di perkotaan tetapi formasinya hanya 6 misalnya sedangkan dia di rangking 7 atau 8 itu nggak bisa karena itu berdasarkan informasi jabatan dan unit kerja penempatan,” jelasnya.

Namun, ia pastikan pengumuman tes CPNS formasi 2018 akan segera diumumkan sebelum tahun 2019 berakhir. [ayu]