Pemkot Terima 2 Penghargaan Dari KPP Pratama Jayapura

1164

Caption : Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano danWakil Walikota Rustan Saru saat menunjukkan penghargaan sebagai Rasio Tertinggi Pendapatan Pajak Dana DesaTahun 2017 di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jayapura.  (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA , PapuaSatu.com Pemerintah Kota Jayapura mendapat  dua  penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jayapura,  berupa penghargaan sebagai Rasio Tertinggi Pendapatan Pajak Dana DesaTahun 2017serta Pelaporan Daftar Transaksi Harian  dan Rekapitulasi Transaksi Harian Terbaik 2017.

Penghargaan ini tidak lepas dari terobosan – terobosan yang  dilakukan Pemkot Jayapura dalam integrasi system pengelolaan keuangan daerah baik sisitem keuangan dan  sitem pendapatan serta konsisten dalam implementasi pembayaran non tunai yang terus digenjot oleh Pemkot  Jayapura.

Caption :Penyerahan Penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak kepada Pemerintah Kota Jayapura untuk Kepatuhan Pelaporan Daftar Transaksi Harian (DTH) dan Rekapitulasi Transaksi Harian(RTH) Terbaik Tahun 2017. (Moza/PapuaSatu.com)

Kepala Kantor Wilayah Direktorat  Jenderal Pajak Papua Maluku, Wansepta Nirwanda memberikan apresiasi kepada Pemkot  Jayapura  yang melakukan trobosan-terobosan dalam system pengelolaan keuangan daerah termasuk ketaatan pajak yang dilakukan serta bekerjasama dengan lembaga Pembina pengelola keuangan.

“Sayaberterimakasihkepada Pak Walikotadan Pak WakilWalikota  yang sudah melaporkan sehingga telah menerima tanda terima SPT tahunan juga ketepatan waktu dalam transaksi harian serta kota jayapura tertinggi pembayaran pajak dana kampung.  Apalagi kerjasama dengan Bank Papua itu sesuatu banget,”tuturnya.

Untuk itu ia berharap apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura dapat tertular oleh Pemda lain yang dan bisa mengikuti jejak yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura, apalagi Pemerintah Kota Jayapura yang pertama melakukan pemasangan aplikasi KSWP dan yang tertinggi setoran pajak untuk dana desa

“Harapan kita, penerimaan pajak Negara itu nanti secara nasional akan meningkat dan akan diturunkan berupa DAU dan Dana Khusus. Jadi dengan banyaknya masyarakat kota bayar pajak, perusahan – perusahaan juga membayar pajak, maka akan meningkat ,” ujarnya.

Kepala Kantor PelayananPajak (KPP) Pratama Jayapura Bayu Setiawan mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota untuk Pelaporan Daftar Transaksi Harian dan Rekapitulasi Transaksi Harian  yang merupakan kewajiban pemerintah untuk melapor ke kantor pajak yang itu dilakukan tepat waktu oleh pemerintah Kota Jayapura.

“setelah kami mereview setahun ini ternyata untuk pemerintah Kota Jayapura ini sangat tepat waktu sehingga kami bisa menganalisa dan membantu pemerintah kota kedepan,”ucapnya.

Dikatakan, untuk penghargaan pembayaran pajak dana kampung Pemerintah Kota mencapai angka tertinggi atau 9 persen merupakan prestasi yang baik yang dilakukan Wali kota serta dukungan atau respon yang baik pula dari para pejabat pemerintah kota .

“Untuk pemerintah kota ini ternyata persentase pagu dengan pembayaran pajak adalah tertinggi di wilayah kami, kalau di rata-rata Sembilan persen. Itu bagus sekali, itu berkatarahan Pak Walikota,” tuturnya.[moza/sony]