1.500 Personil TNI/Polri Siap Amanan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019

0
392
Pangkoopsau III Marsda TNI Tamsil Malik,SE

BIAK, PapuaSatu.com – Menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada bulan April mendatang, KOOPSAU III gelar latihan pengamanan yang melibatkan TNI/Polri di Lapangan Cendrawasih Biak, dengan kekuatan 1.500 personil gabungan,Rabu (12/02/2019).

Dalam sambutannya, Pangkoopsau III Marsda TNI Tamsil Malik,SE yang dibacakan oleh Asops Kaskoopsau III Kol. Pnb Dodi Fernando,S.E. M.Soc.Sc mengatakan, latihan tersebut bertujuan agar seluruh personil memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal.

Dikatakan, dalam tugas operasi perbantuan personil TNI dalam pemilu legislatif dan presiden tahun 2019, diharapkan dapat dilakukan secara berdaya guna, sebagaimana tertuang dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Di mana pemberian bantuan keamanan kepada Pemda dan Polri merupakan bagian dari 14 tugas TNI yang termasuk dalam operasi militer selain perang.

Selain itu, Kol. Pnb Sodi Fernando juga mengatakan, bahwa pengamanan tersebut tidak hanya dilakukan pada saat Pemilu saja, tetapi juga semua kegiatan yang berkaitan dengan Pemda maupun tugas perbantuan TNI lainnya.

“Kita siap untuk melaksanakan pengamanan khususnya di kabupaten Biak ini. Harapannya ya masyarakat nanti dengan kepedulian kita ini ya, mari kita kerjasama hal-hal yang bisa kita selesaikan dengan cara yang lebih beradab tidak perlu adanya anarkis, kekerasan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor, Jackson Maryen usai menyaksikan pelatihan pengamanan menyampaikan terima kasihnya kepada Komandan Koopsau III serta seluruh pimpinan TNI/Polri untuk pengamanan pemilu yang selama ini telah dilaksanakan.

“Pengamanan Pemilu 2019 ini  luar biasa bagi kami penyelenggara Pemilu. Saya berharap pada pelaksanaan Pemilu 2019 ini bisa berjalan dengan baik dan kami percaya benar, begitu banyak Jenderal yang ada di pulau Biak ini dan untuk seluruh tahapan yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 pada hari pemungutan suara,” ungkap Jackson.

Di sisi lain, Staf ahli Bupati Kabupaten Biak Numfor, Abdul Kahar juga berharap bahwa Pemilu ini tetap aman dan damai serta memberikan apresiasi kepada TNI/Polri bahwa kesiapsiagaan dalam mempersiapkan pengamanan dan mensukseskan pemilu legislatif dan Presiden.
“Pemerintah Daerah tetap mendukung sepenuhnya dan mensukseskan pemilu di tahun ini,” tukasnya [Vhie]