Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Dampingi Petani Tanam Jagung

0
608

YAPEN, PapuaSatu.com – Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Melkianus Arisoi mendampingi  warga petani menanam Jagung di Kampung Waniwon, Distrik Yawakukat, Kabupaten Kepulauan Yapen-Papua, pada Senin19 Maret 2018.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aid mengatakan, pendampingan pertanian oleh Babinsa di desa binaannya, merupakan bagian tugas pokok dalam melaksanakan tugas pembinaan di wilayahnya guna meningkatkan program swasembada pangan.

“Hal ini dilakukan untuk memicu dan menambah semangat para petani dalam bercocok tanam. Apalagi wilayah Kampung Waniwon merupakan wilayah teritorial Babinsa, sehingga harus mendampingi para petani untuk meningkatkan  swasembadan pangan dan perekonomian masyarakat dapat ditingkatkan,” kata Aidi.

Selama pendampingan berlangsung, kata Aidi, Sertu Melkianus selaku Babinsa di wilayah Koramil 1909-01/Yapsel diharapkan agar para petani lebih semangat dalam bercocok tanam agar tanaman yang di tanam bisa membuahkan hasil yang maksimal, serta dapat menambah perekonomian para petani di Kampung Waniwo.

“Pendampingan ini ternyata disambut baik warga setempat dan para petani, karena kehadiran TNI bukan hanya bertempur tapi juga hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi pengayom dan pelindung. Jadi, senjata TNI itu adalah membantu masyarakat, khususnya para petani,” papar Aidi.

Sineri selaku perwakilan para Petani Kampung Waniwon mengatakan, kehadiran TNI di kampong halamannya menjadi ujung tombak dalam meningkatkan perekonomian.

Dimana, menurut Sineri, kehadiran TNI bukan hanya sebagai pengamanan Negara tapi ternyata membantu meringankan beban masyarakat khususnya para petani.  “Kami sangat senang adanya pendampingan penanaman jagung yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Yapsel. Ini sangat membantu sekali karena selain memberikan penyuluhan juga secara langsung bisa bantu memberikan tenaganya,” ujar Sineri. [loy]