Babinsa Sosialisasikan Pembuatan Fermentasi Pakan Ternak Babi

3428

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Boven Digoel, Babinsa Koramil Tanah Merah memberikan sosialisasi pembuatan fermentasi pakan ternak kepada masyarakat di Kampung Sukanggo, distrik Arimob, pada Jumat (19/1/2018).

Anggota Babinsa Serda Rofinus Rotok Wara mengatakan, ternak Babi memiliki nilai penting dalam budaya dan adat istiadat khusnya suku Muyu di wilayah kabupaten Boven Digoel.

Untuk meningkatkan itu, kata Serda Rofinus, pihaknya melakukan pembinaan dan dengan cara memberikan fermentasi pembuatan pakan ternak Babi kepada masyarakat setempat.

“Cara pembuatan fermentasi Pakan ternak ini, kami telah menyiapkan bahan bahan sebagai berikut, Dedak 60%, Bungkil Kelapa 17%, Jagung halus, Daun ubi secukupnya, EM-45 cc, Gula merah 1/4 kg,” katanya.

Menurutnya, sosialisasi yang dilakukan bertujuan untuk memanfaatkan bahan bahan dari alam dalam pemberian pakan terhadap Babi, sebab  dengan adanya pemberian makanan dari bahan alami maka babi akan menjadi sehat dan cepat tumbuh besar, serta untuk mengurangi biaya perternakan Babi.

Ditempat yang sama,  Markus Kutat salah satu perwakilan dari masyarakat Sukanggo Distrik Arimop Kabupaten Boven Digoel menyampaikan terima kasih banyak kepada Babinsa yang sering mendampingi para petani.

“Kami berterimakasi karena diberikan ilmu yang belum pernah kami ketahui selama ini, sehingga ilmu yang diberikan kami manfaatkan,” ucap Markus. [pendam/loy]