HAM-Yonas Komit Terus Majukan Mamberamo Tengah Menuju Kesejahteraan

1076
?

Caption : Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Mamberamo Tangah Ham Pagawak –  Yonas Kenelak saat menjalani Talk Show yang digelar KPU Kab. Mamberamo Tangah. Foto : (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati  Mamberamo Tangah Ham Pagawak dan Yonas Kenelak berkomitmen mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat  Kabupaten Mamberamo Tangah.

Hal ini diungkapkan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tangah  Ricky Ham Pagawak  dan Yonas Kenelak  dalam  Talk Show  dengan Tema “ Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat di KabuPaten Mamberamo Tangah”, yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamberamo Tengah di Hotel Horizon Jayapura,  Jum’at  (13/04/2018).

Calon  Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak menyampaikan,  sebagai incumben  dirinya bersama pasangannya akan kembali meneruskan atau tetap konsen  untuk membangun Kabupaten Mamberamo Tengah di semua bidang  yang telah dilakukan pada periode pertama.

Beberapa poin program yang tertuang dalam visi dan misinya diantaranya,  bidang pendidikan tetap berkomitmen untuk mensukseskan pendidikan dasar serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan termasuk peningkatan SDM tenaga pendidik.

Di bidang kesehatan,  Ham Pagawak yang juga yang juga ketua DPC Mamberamo Tenga ini akan menerbitkan Kartu Mamberamo Sehat (KMS) yang akan bersinergi dengan BPJS (Badan Penyelanggara Jaminan Sosial).

“Tujuannya untuk meningkatkan kualitas perangkat Rumah Sakit daerah Kobakma yang sudah dibangun. Rumah Sakit ini tinggal diresmikan sebagai Rumah Sakit Rujukan kedua di Pegunungan Tengah serta peningkatan sumberdaya manusia dan tenaga  kesehatan,” tukasnya.

Sementara Untuk Bidang Keagamaan, kata Ham juga telah dilakukan pada periode pertama dan akan  kembali meneruskan  dengan memberikan bantuan operasional bagi Gereja – gereja termasuk pembangunan fasilitas Rumah Ibadah di Mamberamo Tengah serta mendukung penuh iven – iven Gereja  di Kabupaten Mamberamo Tangah.

di Bidang Infrastruktur pada periode pertama sudah membuka isolasi  dengan membangun  jalan dari Kabupaten Mamberamo Tengah  ke Kabupaten Jayawijaya dan pembangunan ruas jalan ke Distrik yang akan terus ditingkatkan termasuk pembangunan perumahan rakyat yang telah dilakukan pada periode pertama yang mencapai 500 unit di 5 Distrik  serta pembangunan Kota Kobakma kearah yang lebih maju.

“Kami ingin kabupaten Mamberamo tengah termasuk Kota Kobakma akan menjadi sebagai kota Blue City. Kota ini akan menjadi kota Kedua di daerah Pegunungan Tengah,”  cetus Ham Pagawak.

Sementara itu disinggung soal pengembangan ekonomi  khususnya pengembangan pasar , Calon  Wakil Bupati Yonas Kenelak menyampaikan, untuk periode pertama telah dibangun Ruko 30 pintu  dengan pembagian 70 persen untuk  anak daerah .

Sementara lanjut dia, untuk masyarakat non Papua sebanyak 30 persen dan ke depan  berencana akan membangun ruko sebanyak 60 pintu dengan persentasi pembagian yang sama pula.

“Untuk 70 persen anak daerah juga disertai dengan modal usaha. Kami sudah komitmen  untuk  bangun ruko 60 pintu  dengan persentasi yang sama. Kami mau masyarakat Mamberamo tengah juga maju dan sama dengan masyarakat di daerah lain,”ungkapnya. [moza/loy]