Kapolda Bersama Elemen Masyarakat Merauke Bahas Pengamanan Pilgub

383

MEREAUKE, PapuaSatu.com – Untuk menjaga keamanan daerah pada pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar  menggelar tatap muka bersama Forkompimda kabupaten Merauke, yang berlangsung di Room Sakil A Swissbel Hotel Merauke, Rabu (14/3/2018) malam.

Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan, kunjungannya ke Merauke untuk mengecek sekaligus mengingatkan anggota Polri agar dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 bersikap netral dan memberikan situasi yang kondusif di  wilayah hukumnya, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Kepolisian dapat bekerjasama dengan segala unsur komponen dengan program Kampung ATM (Komunikasi Aktif Membangun Peradaban Utama Nilai-nilai Gotong-royong Aman, Tentram dan Mandiri). Dimana program ini di kedepankan para Bhabinkamtibmas di wilayah satuan masing-masing.

Namun Jenderal Bintang Dua ini berharap kepada seluruh komponen masyarakat dapat melaksanakan doa bersama tokoh agama’ agar Pilkada dapat berjalan aman dan damai. “Berdemokrasi massa jangan bertindak anarkis, jangan melakukan kekerasan,  jangan menghalalkan segala hal untuk menang,” imbau Kapolda.

Kapolda mengajak agar semua pihak dapat memupuk persaudaraan dengan nilai-nilai luhur, demokrasi harus jujur dan bermartabat dan tidak mengedepankan kekerasan.  “Itu semua bukan hanya Polisi saja, namun semua dukungan elemen masyarakat terutama tokoh  tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh adat,  kita pupuk dsn pelihara,” tekan dia.

Terkait kultur baru di media sosial,  dunia maya penghuninya sudah tumbuh pesat sudah lebih 100 juta, budaya hoax, berita bohong untuk menebar kebencian dengan mengadu domba antar sesama manusia. “Di sini ada pihak yang memanfaatkan berita hoax, sehingga kemarin kita melaksanakan Deklarasi anti Hoax. Kita dapat beretika dalam media sosial jangan berita hoax dikaitkan dengan unsur Sara (Suku, agama, ras dan antar golongan),” katanya.

Sementara lanjut dia, untuk Konvensional seperti miras, perjudian, narkoba mengajak semua pihak untuk saling bahu-membahu  karena semuanya merupakan penyakit masyarakat yang harus diberantas.

Kendati demikian, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Kapolres dan  Pemerintah daerah bersama seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama menjaga daerah kabuaten Merauke sehingga sitkamtibmas bisa tetap aman dan kondusif. “Kami agar situasi ini bisa terus ditingkatkan,” harapnya. [humas/loy]