Kawasan Konservasi Perairan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Akan Punah

580

BIAK, PapuaSatu.com – Kepala Bidang Pengelolaan Ruang Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Absalom Salossa S.Pi mengatakan kawasan konservasi yang ada di Biak Numfor saat ini akan punah jika tidak dilakukan pengawasan dengan baik.

“Kawasan konservasi yang  ada kalau tidak dijaga dan dilestarikan akan terjadi kepunahan,” ujar Salossa dalam kesempatan menggelar sosialisasi Pengelolaan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Hotel Arumbai, Kabupaten Biak Numfor Jumat (14/09/2018).

Salossa juga mengatakan bahwa Biak Numfor terdapat beberapa pulau yang memiliki terumbu karang yang sangat bagus dan cocok untuk dijadikan kawasan konservasi.
Terumbu karang ini juga sangat cocok untuk ikan-ikan sebagai tempat berlindung.

Selain Terumbu karang, ada juga lamun yang bagus untuk dijadikan kawasan konservasi.

Untuk Provinsi Papua, terdapat 13 kabupaten yang memiki terumbu karang yang bagus dan Biak salah satu diantaranya.

“Ada 13 kabupaten yang ada di Provinsi Papua tetapi hanya beberapa Kabupaten saja yang memiliki terumbu karang yang bagus salah satunya di Biak Numfor,” jelas Absalom.

Absalom juga berharap dengan diadakannya sosialisasi tersebut, maka rencana kawasan koservasi yang dibahas hari akan didorong ke kementerian lewat penganggaran dana APBN dan juga di-back up oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua dengan dana yang besar.

Selain itu, Absalom juga meminta agar Dinas Perikanan Biak serta satuan kerja yang berpusat di Kupang bisa terus melakukan koordinasi sehingga  kedepannya dapat bekerja sama dalam melakukan kegiatan.

Seperti misalnya saat melakukan patroli terhadap kawasan konservasi, dapat dilakukan secara bergantian antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua bersama dengan Dinas Perikanan Biak Numfor dan juga satuan kerja yang ada di Kupang.

Kegiatan sosialisasi sendiri, adalah untuk mensosialisasikan upaya-upaya pemerintah daerah, pemerintah pusat dan masyarakat dalam kegiatan konservasi di wilayah Biak.

Kegiatan tersebut melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Jayapura, Dinas Perikanan Kabupaten Supiori, Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Dinas Perikanan Kabupaten Waropen, dan Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen dan juga Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor.[vhie]