Paskibraka Upacara HUT RI Ke-73 Biak Dikukuhkan Oleh Plt Bupati

Prosesi mencium bendera merah putih dalam pengukuhan Paskibra Kabupaten Biak
Prosesi mencium bendera merah putih dalam pengukuhan Paskibra Kabupaten Biak

BIAK, PapuaSatu.com – Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, tingkat Kabupaten Biak, yang beranggotakan 33 orang dikukuhkan Plt Bupati Herry A.Naap S.pd,M.si.

Pemerintah Kabupaten Biak telah menetapkan bahwa Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-73 tahun di Biak, akan dilangsungkan di Lapangan Cenderawasih Biak pada Jumat (17/08/2018) mendatang.

Pengukuhan dilaksanakan dalam upacara di Gedung Dharma Wanita Biak pada, Rabu (15/08/2018) yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Biak Numfor, Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor, forkopimda, TNI/Polri, dan juga orangtua anggota paskibraka serta tamu undangan lainnya.

Pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaaan Ikrar Pemuda Indonesia yang diikuti oleh peserta.

Dilanjutkan  dengan penyematan tanda peserta oleh Inspektur Upacara yakni Plt Bupati Herry A. Naap S.pd, M.si. dan prosesi penciuman bendera Merah Putih oleh seluruh anggota Paskibraka.

Dalam pesan singkatnya Plt Bupati Herry A. Naap S.pd, M.si mengatakan, pengukuhan paskibraka tersebut dilakukan untuk mempersiapkan diri para paskibra untuk memasuki tugas dan tanggungjawab amanah yang di embankan kepada mereka.

“Kami melaksanakan pengukuhan Paskibraka ini guna mempersiapkan mereka untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab mereka selaku generasi muda penerus bangsa dan negara untuk melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan¬† Republik Indonesia yang ke 73 tahun,” ujar Plt. Bupati Biak, Herry A. Naap selaku Inspektur Upacara

Selain itu, Herry A. Naap juga menyatakan bahwa dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada Paskibraka, diawali dengan proses rekrutmen sampai dengan latihan yang dibantu oleh TNI Angkatan Darat, secara khusus dari Danrem 173 Praja Vira Braja.

Personil Korem 173 Praja Vira Braja adalah yang dipercaya untuk melatih seluruh anggota Paskibra selama ini dan juga mempersiapkan semua atribut dan penginapan bagi seluruh anggota Paskibra dua hari menjelang pelaksanaan upacara 17 Agustus 2018.[Vhie]