Peduli Korban Gempa dan Tsunami, RAPI Biak Kirimkan Bantuan Pakai Herculles

776

BIAK, PapuaSatu.com – Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 09 Kabupaten Biak Numfor juga melaksanakan misi kemanusiaan berupa penggalangan dana dan pengumpulan bantuan barang, sebagai aksi peduli terhadap korban bencana alam gempa bumi tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi – Sulawesi Tengah.

Misi kemanusiaan yang dilaksanakan selama enam hari (2-7 Oktober 2018), berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 110,350 juta dan barang berupa pakaian layak pakai, sembako, susu bayi dan lain-lain seberat 8,5 ton.

Seluruh barang bantuan tersebut telah diserahkan ke pihak TNI Angkatan Udara Manuhua yang diterima langsung oleh Komandan Lanud Manuhua, Marsekal Pertama Fajar Adriyanto, Sabtu (20/10/2018).

Selanjutnya bantuan tersebut akan diterbangkan mengunakan pesawat Hercules menuju ke Palu.

Saat ditemui wartawan, Marsekal Pertama, Fajar Adriyanto mengatakan, telah menerima barang-barang bantuan dari Pemda Biak Numfor yang semuanya dikelola oleh RAPI  dan akan dikirimkan langsung dengan pesawat Herculles.

“Bantuan yang dikirimkan hari ini sebanyak 12 ton.  Bantuan yang 8,5 ton berasal dari Biak Numfor dan 3,5 ton dari Sorong, berupa barang makanan cepat saji air minum kemasan, pakaian dan juga tenda, obat-obatan, serta keperluan sehari-hari khususnya bagi bayi,” ungkap Marsma Fajar Adriyanto.

Selain itu, Marsma Fajar Adriyanto juga mengirimkan Satuan Petugas (Satgas) Angkatan Udara yang akan ditugaskan di Palu dan akan ikut dengan pesawat Hercules, serta ada juga tujuh orang perwakilan dari RAPI untuk membantu menyalurkan bantuan ke Palu, Donggala, Sulawesi Tengah.

“Saya cukup senang dan apresiasi dengan masyarakat Biak Numfor yang masih sangat peduli terhadap saudara-saudara kita yang ada di Palu,” ungkap Danlanud.

Ketua RAPI Anwar Akbar, SE di kesempatan sama menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian masyarakat Kabupaten Biak Numfor yang telah menyisihkan sebagian hartanya bagi korban bencana alam di Palu, Donggala dan sekitarnya.

“Serta tidak lupa juga kepada seluruh pihak yang telah berperan serta dan berpartisipasi dengan sungguh-sungguh tanpa pamrih. Semoga amal kebaikan kita semua mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya.[yat]