Pilkada Kabupaten Puncak Papua Aman

3305
Caption : kebersamaan masyarakat di kabupaten Puncak sebelum pelaksanaan pemilukada. Foto : ISti/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Situasi dan kondisi di Kabupaten Puncak, paska pencoblosan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati periode 2018 – 2023 dilaporkan berlangsung aman dan kondusif.

Ketua KPU Kabupaten Puncak Erianus Kiwak, mengaku sempat khawatir akan terjadi kericuhan saat pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung atas penolakan calon tunggal  dari beberapa tokoh masyarakat. Namun pada pelaksanaan pilkada semua berjalan aman dan lancar.

“Situasi aman baik itu untuk Pilkada bupati dan juga Pilkada gubernur. Dari 335 TPS di 25 distrik dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 158.350 ditambah dengan dua persen menjadi 164.000 lebih DPT,” kata Erianus Kiwak saat dihubungi via telepon selular, Rabu (27/6/2018).

Dari informasi yang diterima, sistem ikat yang di pakai untuk pilkada Bupati dan Gubernur tahun 2018. Para kepala di Kabupaten Puncak sudah sepakat 100 persen dukung pasangan Willem Wandik – Pelinus Balinal untuk kembali terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023.

Dari hasil hitung cepat, pasangan ini sudah dapat dipastikan menang melawan kotak kosong. Dimana sampai dengan Pukul 17:30 WIT sudah 30 persen surat suara yang diterima memenangkan pasangan ini.

“Kemungkinan hari Kamis dan Jumat pekan ini sudah bisa mencapai 70 persen surat suara yang masuk. Kita tunggu hasil pleno penetapan, setelah semua distrik membawa hasil rekapan suara. Tetapi saya mau tegaskan bahwa situasi aman dan kondusif. Masyarakat dengan kesadaran sendiri datang mencoblos diberbagai TPS, tanpa ada paksaan,” ujarnya.

Dikatakan, KPUD Kabupaten Puncak akan melaksanakan pleno penetapan pada tanggal 5 Juli nanti. Akan tetapi kemungkinan akan dipercepat.

Senada dengan itu, Komisioner KPU Provinsi Papua,  Isak Hikoyabi yang berada di Ilaga menegaskan, pelaksanaan Pilkada di Puncak berjalan  aman dan lancar. Tidak ada terjadi konflik atau kericuhan seperti yang diragukan sebelumnya.

Calon petahan Bupati Puncak, Willem Wandik mengakui target awal tim pemenangannya yang didukung 7 partai politik ini, memang menang 100 persen.

Dihari pencoblosan itu, Willem Wandik ditemani sang istri ikut melakukan pencoblosan di TPS 1 Distrik Ilaga.

Kapolres Kabupaten Puncak Jaya,  AKBP AF Indra Napitupulu mengatakan laporan sementara yang diterimanya, saat ini secara keseluruhan jalannya hari pencoblosan di wilayah pengamanannya berlangsung aman dan kondusif. [piet]