Plt Bupati Biak Apresiasi Peresmian Fasilitas Kolam Renang oleh Pangdam XVII/Cenderawasih

1471
Caption : Plt Bupati Biak bersama Pangdam XVII/Cenderawasih dan Forkopimda Biak Numfor ketika foto bersama usai peresmian kolam renang korem 173/PVB di Biak, pada Senin (27/08/2018). Foto : Viona/PapuaSatu.com
Caption : Plt Bupati Biak bersama Pangdam XVII/Cenderawasih dan Forkopimda Biak Numfor ketika foto bersama usai peresmian kolam renang korem 173/PVB di Biak, pada Senin (27/08/2018). Foto : Viona/PapuaSatu.com

BIAK, PapuaSatu.com – Plt Bupati Biak Numfor, Herry A. Naap  mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terimakasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit dan juga kepada Dandrem 173/PVB yang telah meresmikan fasilitas kolam renang korem 173/PVB di Biak, pada Senin (27/08/2018).

Kehadiran fasilitas kolam renang bertaraf Internasional yang digagas oleh Korem 173/PVB ini, aku Herry Naap, dapat membantu Pemerintah daerah dalam mengakomodir atlet, terutama bagi mereka pecinta olahraga renang.

“Mereka dapat mengeksplor komptensi mereka untuk berlatih di kolam renang, termasuk beberapa ivent di Biak dapat menggunakan kolam ini. Apalagi Pangdam dan Dandrem 173/PVB sudah memberikan kesempatan seluas-luas kepada masyarakat umum untuk bisa digunakan,” kata Herry Naap.

Dengan diresmikannya kolam renang tersebut, Herry Naap menghimbau kepada masyarakat maupun kepada para atlet yang ingin menggunakan fasilitas dapat di jaga dengan baik, terutama menjaga kebersihan.

“Mari kita sama – sama menjaga aset yang telah dibangun oleh Pangdam XVII/Cendrawasih dan Danrem 173/PVB,” ajak  Pangdam.

Panglima Kodam XVII Cendrawasih, Mayjen TNI George ELnadus Supit menuturkan, hingga saat ini Kodam XVII/Cenderawasih telah membangun dua kolam renang bertaraf Internasional.

“Dua kolam ini yakni kolam renang di Batalyon 751/Raide Sentani kabupaten Jayapura dan juga Korem 173/PVB. Dua kola mini sudah diresmikan dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum dan juga tempat berlatih bagi para atlet rrenang,” kata Pangdam usai pendantangan prastasi peresmian kolam renang.

Pangdam menegaskan dengan adanya Kolam renang ini di Korem 173/PVB diharapkan dapat meningkatkan prestasi prajurit khususnya di bidang renang militer. “Hal ini dikarenakan, dalam TNI AD renang militer merupakan salah satu olahraga wajib dan juga sSebagai salah satu usulan kenaikan pangkat,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam bahwa usulan kenaikan pangkat bagi prajurit TNI wajib mengikuti renang militer dengan jarak 50 meter. “Pelaksanaan renang miiliter dilakukan dalam dua periode yakni bulan April dan bulan Oktober dan bagi mereka yang tidak lulus maka tidak akan menerima kenaikan pangkat,” ujarnya.

Bahkan sambung Pangda, pihaknya mengajak seluruh masyarakat di Biak Numfor untuk dapat menikmati fasilitas Kolam renang ini sebagai salah satu sarana untuk rekreasi maupun olahraga sehingga atlet – aflet yang dibina pun dapat menggunakan kolam renang tersebut.

Dalam laporannya Kasidam XVII/Cenderawasih,Kolonel Czi Godman Siagian menjelaskan pembangunan kolam renang Korem 173/PVB ini proses pembangunannya selama 250 hari kerja dengan nilai kontrak mencapai lebih Rp12,7 miliar yang dikerjakan oleh PT.Arta Makmur Permai Biak.

“Kolam renang ini memiliki  ukuran 50×25 meter atau seluas 1250 meter persegi dengan fasilitas ruang pompa dan balancing,electrical,ruang pembangunan pagar kolam renang sepanjang 239 meter,tempat istirahat berupa saung, prasarana areal parkir seluas 2000 meter persegi,ruang ganti dan bilas  ukuran 14×6 meter seluas 84 meter persegi dan seluruhnya telah terealisasi 100 persen pada tanggal 11 November 2017,” jelasnya. [vhie/loy]