Sambut HUT RI, Masyarakat Mappi Hiasi Rumah Merah Putih

900

Jayapura, PapuaSatu.com– Masyarakat distrik Bade, kabupaten Mappi menyambut antusias peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke 72. Penyambutan HUT RI ini diwarnai hiasan bendera merah putih dirumah-rumah dan kantor-kantor.

Salah satu warga masyarakat distrik Bade, kabupaten Mappi, Martinus menyebutkan, peringatan HUT RI ke 72 ini patut disambut dengan suka cita karena kemerdekaan Indonesia merupakan pengorbanan yang luar biasa seperti yang telah dilakukan oleh para pejuang.

“Apa yang kita lakukan tidak seberapa yang dilakukan para pejuang kita pada jaman dulu, sehingga kita patut menghargai dan menyambut suka cita apa yang telah dilakukan para pejuang kita,” kata Martinus, Minggu (6/8/2017) kemarin.

Penghargaan dan perjuangan yang dilakukan para leluhur, kata Martinus, pihaknya harus tetap memperjuangan dengan menjalani kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur serta daerah tetap aman dan damai.

“Perayaan HUT ini kami tidak ada yang paksa, perayaan ini memang atas kesadaran sendiri selaku warga negara Indonesia. Apalagi hanya setahun sekali,” katanya lagi.

Sementara itu Danramil 1707-11/Bade Kapten Inf Nelson Amirullah mengemukakan, semarak perayaan Hari Proklamasi RI ke 72 menjadi satu moment yang paling dinanti masyarakat.

Dimana,  menurutnya, daerah distrik Bade kabupaten Mappi menyemarakkan peryaan HUT Ri ke 72 dengan dilakukan berbagai kegiatan seperti hiburan rakyat dan beberapa lomba lainnya hingga pada puncak 17 Agutsus 2017 mendatang.

“Kami selaku aparat keamanan turut mengawal proses kegiatan yang dilakukan masyarakat. Bahkan kami juga ikut melakukan pembersihan di kawasan Koramil hingga melakukan pengecetatan Makoramil,” tutur Nelson.

Bukan hanya itu, beberapa kantor di pemerintah, baik tempat ibadah maupun sekolah ikut dibersihkan dengan melakukan pengecatan. “Kalau perkantoran kelihatan bersih dan rapih tentunya akan membuat penghuninya merasa nyaman, tentram dan betah,” tukasnya. (Nius)