TNI/Polri Terus Jaga Kedaulatan NKRI di Wilayah Nabire

1103

NABIRE, PapuaSatu.com – Prajurit TNI dari Kesatuan Kodim 1705/Paniai bersama anggota Polres Nabire, terus memantapkan soliditas untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan republic Indonesia (NKRI) di wilayah kabupaten Nabire.

Bukti itu terkuat ketika TNI/Polri memasang Bener di kawasan perempuan jl Kusuma Bangsa kabupaten Nabire, pada Jumat (19/1/2018) dengan tema ‘Menjaga Kedaulatan NKRI’.

“Comander Wish ini dicanangkan oleh Panglima TNl dan Kapolri demi menjaga soliditas, sinergitas dan komitmen anggota TNl dan Personil Polri, demi terwujudnya

situasi Keamanan dalam negeri, damai dan kondusif sehingga proses pembangunan Nasional bisa sukses,” kata Kasdim 1705/Paniai. Mayor Inf Tegus Dwi Raharja.

Ia berharap prajurit TNI dan polri di wilayah kabupaten Nabire terus  semakin solid dalam mengemban amanah pimpinan.  “Saya berharap TNI-Polri semakin solid dan jangan sampai kesatuan terpecah atau saling menyakit apalagi menyakiti hati masyarakat,” harapnya.

Menurutnya, Indonesia adalah Negara kebangsaan yang memiliki wilayah daratan dan Iautan yang sangat luas dengan memiliki ribuan pulau dan jumlah penduduk yang cukup besar dan dengan   suku dan agama yang berbeda-beda.

“Dengan heterogenitas tersebut menyebabkan bangsa Indonesia memiliki keunggulan sekaligus kerawanan yang cukup besar sehingga kita harus berjuang mengatasi berbagai persoalan yang ada, baik dari dalam wilayah negara maupun dari luar wilayah Negara,” katanya.

Apabila Heterogenitas tidak disikapi dan ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan potensi konflik dalam skala tertentu. Baik itu konflik sosial yang dapat mengancam keutuhan NKRI serta dapat melemahkan dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, ia berharap agar kesatuan TNI dan Polri di wilayah  Nabire tetap menjagat soliditas dan kebersamaan dari tingkat atas sampai bawah. “Ini sangat penting kita lakukan demi menjaga keutuhan NKRI,” ujarnya. [pendam/loy]