Harga Sembako di Merauke Masih Stabil

0
1493

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto, S.E. menghadiri rapat koordinasi yang digelar oleh Tim Satgas Pangan Kabupaten Merauke bertempat di Aula Mapolres Merauke Jl. Brawijaya No. 27 Kelurahan Kelapa Lima, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Selasa (06/03/18).

Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, S.H. menerangkan bahwa dilaksanakannya rapat koordinasi oleh Tim Satgas Pangan Kabupaten Merauke ini dalam rangka menjaga stabilitas harga sembako agar tidak mengalami kenaikan serta menjaga ketersediaan stok sembako di wilayah Kabupaten Merauke.

Berkaitan dengan adanya laporan dari masyarakat mengenai beras dari luar Merauke yaitu beras dari Surabaya dalam jumlah besar, Kabid Disperindag Kabupaten Merauke, Bapak Budi menerangkan bahwa beras tersebut merupakan beras premium dan sudah di ketahui oleh Disperindagkop sebagai beras dengan harga diatas harga beras medium di Merauke dirinya juga juga menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap harga beras medium yang ada di Merauke.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa harga sembako yang dijual oleh mitra/distributor resmi telah mendapatkan ijin dari Disperindag, sehingga sembako yang dijual dipasaran merupakan sembako yang sudah ditentukan oleh Disperindag. Jika masih ditemukannya distributor lain yang memasukkan sembako dari luar Merauke tanpa ijin maka dinyatakan ilegal.

Sedangkan sampai saat ini untuk wilayah Merauke belum ditemukan adanya kenaikan harga sembako yang signifikan dan ketersediaan sembako relatif mencukupi sehingga Merauke masih berada pada batas aman dalam mendukung ketahanan pangan.

Sementara itu, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto, S.E. menyampaikan bahwa TNI sudah lama menjalin kerjasama dengan Kementan dimana TNI khususnya Kodim 1707/Merauke turut membantu Pemerintah dalam mensukseskan program ketahanan pangan mulai program upsus (upaya khusus) guna membantu para petani mulai dari penyiapan lahan, penanaman dan perawatan, hingga panen sampai padi masuk Bulog. Maka dari itu untuk wilayah Kab. Merauke tidak perlu khawatir lagi dengan adanya kenaikan harga beras dan kekosongan stok beras.

Pada Kegiatan rapat koordinasi tersebut turut dihadiri oleh Kabulog Sub Divre Kab. Merauke Bapak Yudi, Mitra Resmi Disperindag Kab. Merauke UD. Bintoro Jaya dan Kasat Reskrim Polres Merauke AKP James serta Pasi Ter Kodim 1707/Merauke Kapten Czi Septian Herpriyono. [pendam/abe]