Jelang Idul Fitri, Berita Hoax Produk Olahan Berbahaya Beredar

0
1806
Jelang Idul Fitri, Berita Hoax Produk Olahan Berbahaya Beredar

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Di akhir Bulan Mei, tepatnya tanggal 31 Mei 2018, penulis menerima pesan lewat medsos group whatsapp terkait produk olahan berbahaya mulai meresahkan masyarakat dan merasa ketakutan untuk berbelanjar di super market di wilayah Papua, khususnya di Kota Jayapura.

Apalagi, momen perayaan idul Fitri 1439 Hijirah tahun 2018 ini berbagai macam upaya untuk menggagalkan para konsumen. Bahkan, berita Hoax ini mencantumkan nama Duta Besar 9Dubes) KBRI KL di Media Sosial, baik via facebook maupun Short Message Service (sms).

di Berikut kutipannya : Breaking News : Meneruskan info dr Ibu Dubes KBRI KL

Tolong beritah

u adek2, suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan makanan kaleng ,terutama  buah2an , khususnya produksi Thailand. Karena di negara itu ada kira2 200 orang pengidap aids kerja di pabrik kalengan, dan mereka masukkan darah mereka ke dalam kalengan2 itu , dan saat ini masalah tersebut telah diketahui DepKes Thailand sehingga kaleng2an tersebut telah banyak di sita ttpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor. Contoh ; Lecy , Rambutan , Lengkeng , Mangga Puding dll. Setelah terima ini cepat kirim ke saudar2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi kalengan apapun…… Demi keselamatan kita semua.      Info dr ibu dubes KBRI

(Rita Toisuta Arifson Kementrian Kesehatan RI)

Simak Beritanya :http://health.liputan6.hb/read/678535 {semoga bermanfaat}.   Mohon bantu share ya..🙏🙏

[ ‼‼WARNING‼‼

Tolong disebar luas kan

Mohon ijin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini sedang ada wabah  Pengerasan Otak (Kanker Otak), Diabetes dan Pengerasan Sumsum Tulang Belakang (Mematikan sumsum tulang belakang).

Untuk itu, hindarilah minuman sbb:

👉1. Extra Joss,

👉2. M-150,

👉3. Kopi Susu Gelas (Granita),

👉4. Kiranti,

👉5. Krating Daeng,

👉6. Hemaviton,

👉7. Neo Hemaviton,

👉8. Marimas,

👉9. Segar Sari shachet,

👉10. Frutillo,

👉11. Pop Ice,

👉12. Segar Dingin Vit. C,

👉13. Okky Jelly Drink,

👉14. Inaco,

👉15. Gatorade,

👉16. Nabati,

👉17. Adem Sari,

👉18. Naturade Gold,

👉19. Aqua Splash Fruit.

Karena ke-19 minuman tsb mengandung ASPARTAME (lebih keras dr biang gula) racun yg menyebabkan diabetes, v otak, dan mematikan sumsum tulang.

Info:

RS Fatmawati , RSCM ,  RS Siloam , All RS

Nara sumber :

Dr. H. Ismuhadi, MPH

Mohon dishare, sayangi keluarga anda.

Saat penulis ke Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) Jayapura, langsung bertemu  Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar POM di Jayapura, Imelda Gunawan, S.Si., Apt.

Ditegaskannya, bahwa semua isi berita yang menyebar melalui whatsapp tersebut dalah berita hoax atau berita bohong yang sudah diklarifikasi BB POM melalui website resminya.

Untuk produk buah kaleng mengandung HIV AIDS, pemirsa bisa langsung mengunjungi di kanal http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/klarifikasi/16/Klarifikasi—Produk-Pangan-Yang-Tidak-Aman-Dikonsumsi-Karena-Mengandung-Darah-dan-Virus-HIV.html

Dan untuk produk yang mengandung pemanis buatan, bisa langsung klik di laman : http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/klarifikasi/15/Produk-Pangan-Yang-Tidak-Aman-Dikonsumsi-Karena-Mengandung-Pemanis-Buatan.html

Kepada konsumen pun, ia mengingatkan agar menjadi konsumen yang cerdas dalam setiap membeli produk pangan, terutama produk olahan. “Ingat selalu cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa). Jadilah konsumen cerdas,” ungkapnya.

Diterangkan, bahwa produk yang telah memiliki izin edar BPOM sudah melalui pengawasan pre market (MD untuk produk pangan olahan produksi dalam negeri dan ML untuk produk pangan olahan luar negeri) maka dijamin mutu dan keamananya.

“Dan tetap dilakukan pengawasan post market (di peredaran) melalui kegiatan sampling dan pengujian,” jelasnya. [yat]