Simak Tips Merawat Aki Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Soak

45
Pemeriksaan sepeda motor (foto/istimewa)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Aki menjadi bagian penting dalam kendaraan sepeda motor. Perawatan yang salah bisa menyebabkan aki cepat soak dan membuat sepeda motor macet. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar aki awet dan kendaraan tidak bermasalah.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua, Dulfi Ade Putra menjelaskan kondisi kendaraan menjadi satu hal yang penting ketika berkendara. Kondisi kendaraan yang prima akan mendukung perjalanan pengendara.

Pertama, panaskan motor setiap hari. Dengan menyalakan motor setiap harinya, meskipun motor  tidak dipakai, selama 10-15 menit, dapat membantu agar aki menjadi awet dan tahan lama.

“Hal itu  karena dapat mendukung kelistrikan motor agar tetap dalam kondisi baik,” kata Putra, Rabu (13/9/2023).

Kedua, penting untuk mengecek terminal aki. Terminal aki harus dipastikan dalam keadaan bersih.

Apabila bagian terminal kotor atau berkerak, aliran listrik menjadi tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan aki menjadi cepat soak.

Ketiga, penting untuk mengecek ketinggian aki. Untuk aki basah, pengguna harus sering melakukan pemeriksaaan pada ketinggian air aki. Air aki harus berada di batas minimal agar dapat menyalurkan listrik dengan baik.

“Apabila air aki terus dibawah batas, aki bisa mengalami penurunan performa

dan menjadi rusak,” ungkap Putra.

Keempat, hindari penggunaan aksesoris motor yang berlebihan. Penggunaan aksesoris motor yang  menggunakan energi listrik secara berlebihan dapat menyebabkan aki mengalami penurunan performa dikarenakan tidak dapat meng-supply seluruh kebutuhan listrik motor dan aksesorisnya.

Contoh aksesoris yang mengkonsumsi listrik adalah lampu-lampu hiasan, perangkat audio ataupun mengubah tipe klakson dari batas yang dianjurkan.

Kelima, pastikan kunci kontak dalam keadaan mati apabila tidak digunakan. Pada saat mesin motor tidak menyala dan kunci kontak motor dalam keadaan menyala (on), maka motor akan mengambil daya aki untuk menyuplai kebutuhan listrik motornya. Apabila dilakukan secara terus menerus, aki motor akan cepat habis dan merusak kinerja aki motor.

“Cara lain untuk membuat aki menjadi tahan lama adalah dengan mencharge aki di AHASS terdekat apabila aki sudah berada dibawah 12,4V. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mencharge aki bukanlah solusi ketika aki sudah mencapai umurnya. Apabila aki sudah mencapai umurnya, maka aki tetap harus diganti untuk memaksimalkan performanya,” tambah Corporate Communication Astra Motor Papua, Chairil Shindi Kusuma.[yat]