Tujuh Kapolres di Papua Bersumpah Bekerja Demi Kepentingan Masyarakat

470

JAYAPURA,  PapuaSatu.com –   Tujuh Kapolres yang baru saja diganti dalam upacara Serah terima jabatan, yang dipimpin langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar bersumpah untuk bekerja secara jujur, disiplin, bertanggungjawab, cermat dan semangat untuk kepentingan masyarakat demi Bangsa dan Negara.

Ketujuh Kapolres yang diganti ini dilaksanakan di Aula Rastra Samara Mapolda Papua, Jum’at (19/1/2018) pagi, disaksikan Wakapola Papua, Kombes Pol Drs. Yakobus Marzuki dan sejumlah pejabat Utama Polda, para Kapolres dan Bhayangkari Polda Papua.

Selain kepentingan masyarakat, tujuh Kapolres bersumpah akan setia dan taat kepada pancasila UUD NKRI tahun 1945 dan  dalam NKRI, Mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas Kedinasan

Tujuh Kapolres juga bersumpah untuk tidak melakukan tindakan yang melawan hokum, yakni  melakukan tindakan korupsi, Kolusi, dan Nipotisme atau pelangara hokum apa saja, termasuk kepada siapapun yang bertentangan dengan aturna hokum.

“ Saya minta dengan sumpah janji dan jabaran yang diambil oleh tujuh Kapolres bisa dilaksanakan. Sebab jika melanggar sumpah janji dan jabaran ini maka konsekuensinya akan diterima, baik di institusi sendiri maupun kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Kapolda Papua dalam serah terima jabaran di Aula Rastra Samara MapoldaPapua, Jum’at (19/1/2018).

Bergantian jabatan, kata Kapolda merupakan dinamika yang dilakukan di institusi Polri, sehingga diharapkan dengan jabatan yang diberikan dapat meningkatkan kinerja di kesatuan masing.

“ saya berharap agar Kapolres yang baru, dapat membuat perubahan dan lebih meningkatkan apa yang sudah dibuat pejabat lama, serta dapat melakukan pengawasan bagi anggota polri agar tidak  lengah dalam situasi apapun, termasuk dalam tugas dan tanggungjawab sebagai kepolisian,” katanya.

Tugas dipercayakan kepada Kapolres yang baru tetap melakukan pengawasan kepada anggota. Sebab anggota cenderung lebih santai dalam melaksanakan tugasnya. “ harus diawasi, jangan sampai Kapolres santai atau tidak santai maka anggota malah tambah santai,” harap Kapolda Boy.

Sementara itu, tujuh Kapolres yang diserah terima jabatan ini  masing-masing. Kapolres Jayapura Kota, Kapolres Jayapura, Kapolres Tolikara, Kapolres Mamberamo  Tengah, Kapolres Mappi, Kapolres Mimika dan Kapolres Supiori. [loy]