Berantas Buta Aksara Polwan Polres Jayapura Rutin Ajarkan Mama-Mama Baca Tulis

12

SENTANI, PapuaSatu.com – Kegiatan ini berlangsung di rumah/Honai Gabus Papua Pintar Kampung Toladan Sentani Kab. Jayapura. Kamis, 16/03 sore.

Melalui program inspiratif gerakan baca tulis (gabus) Polwan Polres Jayapura yang dipimpin AKP Katharina H.L Aya bersama polwan lainnya rutin setiap senin dan kamis mendatangi peserta didik, kebanyakan mama – mama Papua yang sudah tidak muda lagi dengan latar belakang berbeda dari yang putus sekolah hingga tidak pernah mengenyam pendidikan formal sama sekali.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui AKP Katharina mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar ini tidak lain untuk mensukseskan program gerakan baca tulis (gabus) dalam memberantas buta aksara di Kab. Jayapura “jadi setiap hari senin dan kamis kami mengajarkan mama – mama dan anak – anak agar bisa baca tulis, tahap demi tahap kami ajarkan mulai dari perkenalan huruf, angka dan mengeja yang berlangsung selama 2 jam,” katanya.

Di Rumah / Honai Gabus Papua Pintar yang sangat sederhana mama – mama sangat semangat untuk belajar, mama Ina Kogoya (49) salah satunya mengaku senang secara perlahan bisa mengenal huruf abjad dan angka “tidak susah karena ada ibu guru yang ajar, mama senang ada disini bisa belajar sama – sama,” ucapnya.[yat]