Berdayakan Ekonomi Masyarakat, PKK Salurkan Bantuan Bibit Sayuran dan Buah

0
72
Ketua PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Awoitauw menyerahkan secara simbolis bibit sayuran dan buah kepada para petaani di Kampung Ayapo, Sabtu (23/5)
Ketua PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Awoitauw menyerahkan secara simbolis bibit sayuran dan buah kepada para petaani di Kampung Ayapo, Sabtu (23/5)

SENTANI, PapuaSatu.com -Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah dan juga pihak-pihak terkait untuk segera mengatasi penyebaran serta dampaknya di wilayah Kabupaten Jayapura.

Sehubungan dengan itu, PKK Kabupaten Jayapura juga menyerahkan sejumlah bibit tanaman sayuran dan buah-buahan jangka pendek kepada sejumlah kelompok tani di seluruh kampung di wilayah kabupaten Jayapura.

Kebijakan itu dilakukan sebagai upaya untuk pemberdayaan ekonomi terhadap kaum ibu di tengah pandemi covid 19  berlangsung.

“Semua kampung kami salurkan bibit tanaman sayuran dan buah jangka  pendek,” kata Ketua PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Senin (25/5).

Dikatakan, selama ini pihaknya menyalurkan  aneka jenis bibit tanaman sayuran dan buah bersamaan bersamaan dengan program ketahanan pangan yang diluncurkan oleh Bupati Jayapura guna mengantisipasi kekurangan pangan bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura selama pandemi covid 19 ini.

“Jadi sayuran ini selain untuk dikonsumsi,  harapan kami supaya  bisa  untuk dijual sehingga ekonomi masyarakat khususnya yang di kampung ini tetap berjalan baik,” ungkapnya.

Dia menambahkan program ini  tidak harus menggunakan lahan khusus tetapi bisa dijalankan bersamaan dengan kegiatan pertanian lainnya. Kemudian yang paling penting kegiatan menanam sayur ini juga bisa memanfaatkan pekarangan masing-masing rumah warga.

Lanjut dia program ini bekerjasama dengan Dinas tanaman pangan dan hortikultura Kabupaten Jayapura. Sehingga diharapkan agar program ini juga betul betul maksimal dijalankan oleh masyarakat di tingkat kampung dengan pendampingan yang dilakukan oleh dinas terkait.[yat]