KM Nusantara 2 Sebagai Kapal Logistik Pergama Yang Akan Masuk Pelabuhan Depapre

31
Kunjungan Kementerian Perhubungan untuk melihat kondisi Pelabuhan Depare saat masih proses pembangunan beberapa waktu lalu

SENTANI, PapuaSatu.com – KM Logistik Nusantara 2 direncanakan akan bersandar secara resmi di Pelabuhan Peti Kemas Depapre pada 24 Januari 2021 mendatang.

Masuknya kapal itu sebagai kapal pertama yang sandar dan sebagai pertanda keseriusan pemerintah membangun Pelabuhan Peti Kemas Depapre sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Jayapura.

KM Logistik Nusantara 2 yang akan masuk di Pelabuhan Depapre itu sudah mulai berlayar dari Pelabuhan Laut Merauke yang dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Merauke Sularso, pada Kamis 7 Januari 2021 lalu.

KM Logistik Nusantara 2 mengangkut 20 kontainer beras hasil panen petani Merauke dan satu kontainer kecap yang dikirim untuk beberapa kabupaten di luar Merauke.

Seperti diberitakan updateberita.id, pada Kamis 14 Januari 2021 lalu, bahwa KM Logistik Nusantara 2 mulai berlayar dari pelabuhan Merauke menuju Kokas Kabupaten Fakfak, Sorong, Korido Kabupaten Supiori dan kemudian akan berlabuh di Pelabuhan Laut Depapre Kabupaten Jayapura, pada 24 Januari.

Wakil Bupati Merauke Sularso saat melepas kapal itu mengatakan ini adalah pengiriman perdana tol laut lintas Papua 2021 dari Selatan Papua menuju Utara Papua dan akan kembali ke Merauke.

Sularso mengatakan pengiriman dengan menggunakan KM Logistik Nusantara 2 dengan jalur tol laut ini adalah menjawab kendala yang selama ini dialami oleh semua wilayah di Papua.

Selama ini Bulog Merauke untuk menyalurkan beras di beberapa wilayah terutama wilayah Papua dan Papua Barat, selalu terkendala di angkutan, karena selama ini untuk angkutan beras dari Merauke yang paling lancar adalah pengiriman ke Mimika, Sorong, Fakfak, Jayapura dan wilayah lainnya untuk layanan rute kapal yang umumnya selama ini ke Surabaya dulu baru balik ke wilayah Timur lagi untuk menurunkan barang di kota tujuan di wilayah Papua.

“Tetapi dengan adanya rute Merauke — Kokas — Sorong — Korido — Depapre ini dapat mempermudah dan mempercepat proses arus perjalanan pengiriman barang di wilayah perairan Papua,” ujar Wakil Bupati Merauke Sularso di Dermaga Merauke, Kamis 14 Januari 2021 lalu.[yat]