Peduli Sunting Generasi Indonesia Sehat, Polres Jayapura Bersama Pemda dan Bhayangkari

48

SENTANI, PapuaSatu.com – Peduli stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang serta dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemala Bhayangkari Tahun 2023, Polres Jayapura bekerjasama dengan Bhayangkari Cabang Jayapura dan Dinas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan berupa imunisasi anak, pemeriksaan ibu hamil dan vaksinasi Covid – 19, di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura, Rabu, (15/02) pagi.

Pada kegiatan tersebut tampak dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH, Pj. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP, M.Si, Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny. Debby Maclarimboen, Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Jayapura Edward Sihotang, anggota Koramil 1701 – 01 Sentani, Tokoh Adat, tenaga kesehatan dari klinik Polres Jayapura dan Dinas Kesehatan Kab. Jayapura dan kurang lebih 200 peserta dari masyarakat sekitaran Polres Jayapura Doyo Baru.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH mengatakan, kepedulian keluarga mempunyai peran penting agar tumbuh kembang anak dapat berjalan normal dan baik.

“sebenarnya kegiatan peduli tumbuh kembang anak terhadap gizi sudah rutin dilakukan Polres Jayapura, yakni Bhayangkari bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura setiap bulannya melalui Posyandu,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (15/2).

Dikatakan, hal itu tinggal ditingkatkan saja dengan program pemerintah melalui stunting ini.

“Dari hasil imunisasi kami pada posyandu bulan lalu terdeteksi ada 6 anak yang memang perlu penanganan khusus, puji Tuhan dari 6 anak tersebut 3 anak tumbuh kembangnya sudah normal, tentunya kita harapkan bahwa pola asuh dan pola didik anak di keluarga atau masyarakat itu yang penting bagaimana menjaga makan dan gizinya,” katanya.

Pj. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si juga menekankan bahwa kegiatan peduli stunting merupakan program prioritas nasional dan juga program prioritas daerah.

“Stunting ini dilaksanakan oleh semua instansi, pemerintah daerah TNI Polri maupun non instansi, kegiatan ini sangat penting dalam rangka kita menjaga tumbuh kembang anak,” ujranya.

Dikatakan, masalah stunting tersebut berkaitan dengan kesehatan terutama pertumbuhan anak.

“Kita lihat sendiri tadi kegiatan yang dilakukan Polres Jayapura sangat lengkap, mulai dari ibu hamil, pemberian vaksin, kemudian ada pemberian makanan tambahan, imunisasi dan vitamin jadi untuk mencegah dan menurunkan angka stunting kita memang harus menjaga seribu hari dari kehidupan, penanganannya memang harus bersama – sama dimana jajaran Polres Jayapura sangat baik dan kami memberikan apresiasi dimana Polres Jayapura menjadi contoh agar semua instansi bisa seperti ini,” tuturnya.[yat]