Dari 38.143 Anak di Yahukimo Baru 10.340 Orang Mendapatkan Sub Pin Polio Putaran Pertama

0
423
Caption : Salah satu Tim Medis dari Puskesmas Anggruk kabupaten Yahukimo, saat memberikan sub pin polio kepada anak-anak di Kabupaten Yahukimo
Caption : Salah satu Tim Medis dari Puskesmas Anggruk kabupaten Yahukimo, saat memberikan sub pin polio kepada anak-anak di Kabupaten Yahukimo

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Total target atau sasaran imunisasi polio di Kabupaten Yahukimo sebesar 38.143 anak, namun hingga kini baru 10.340 anak yang mendapatkan sub pin Polio didalam putaran pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo, Suhayatno mengatakan total tersebut telah mengalami peningkatan dalam 6 hari ini yakni dari tanggal 8 hingga 14 mei 2019.

“Sebelumnya capaiannya hanya 24% atau sekitar 9.154 anak, namun dalam 6 hari ini telah mengalami penambahan sekitar 1.186 anak atau sekitar 3,11%,”katanya saat diwawancarai via telepon seluler oleh PapuaSatu.com, Selasa (14/5/2019) siang.

Suhayatno mengaku, pemberian sub pin polio di Kabupaten Yahukimo mengalami banyak kendala. “Selain karena letak geografis , banyak masyarakat disini yang menolak diberikan sub pin polio karena merasa khawatir dan takut bila terjadi sesuatu yang berbahaya,”akunya.

Namun ia bersyukur ada banyak dukungan dari Dinas Provinsi bahkan Kemenkes, UNICEF, WHO bahkan tokoh-tokoh agama di Kabupaten Yahukimo.

“Dengan adanya bantuan dan dukungan dari mereka, maka masyarakat disini perlahan-lahan mau diberikan sub pin polio,”ujarnya.

Dirinya mengungkapkan, pemberian sub pin polio ini terus berlanjut hingga target yang ditentukan bisa mencapai 100%.

“Terus berjalan hingga mencapai target, namun kami targetkan pelaksanaan sub pin polio ini sampai akhir Juni 2019 dan setelah itu kami akan evaluasi lagi,”ungkapnya.

Untuk sub pin polio kedua, Suhayatno akan membahas setelah cangkupan sub pin polio pertama selesai mencapai target yang ditentukan. [ayu]