735 Prajurit Bintara Dilantik

1174

Kasdam XVII/Cenderawasih : Prajurit Harus Berprilaku Disiplin Melalui Pemahaman Hukum Dan Ham

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Total sebanyak 735 bintara lulusan tahun 2018 resmi dilantik sebagai prajurit TNI-AD di Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII/Cenderawasih, Rabu (14/03/2018).

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan prajurit TNI harus memiliki pemahanam hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) yang baik serta harus disiplin dan berperilaku baik.

“tentu kita semua gembira dan bangga karena kalian telah menyelesaikan pendidikan selama 2 bulan sepuluh hari dan menjadi generasi penerus bangsa yang gagah perkasa,” ujar Kasdam.

Lebih lanjut dikatakannya, pendidikan yang baru saja ditempuh ini bertujuan untuk membentuk calon bintara TNI AD, agar memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit sapta marga, sumpah prajurit, mempunyai pe-ngetahuan dan keterampilan dasar golongan bintara serta jasmani yang samapta.

Kasdam berpesan bagi 735 prajurit bintara yang baru saja dilantik agar mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan militer umum. Kedua, mampu mengaplikasikan pengetahuan hukum dan perundang-undangan. Ketiga, mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan tehnik dan taktik militer. Keempat, mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan intelijen. Kelima, mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan teritorial.

“saya mengharapkan agar bekal yang telah diperoleh selama pendidikan dipelihara dan ditingkatkan pada setiap kesempatan, karena bangsa dan negara menaruh harapan yang besar kepada prajurit untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tugasnya.

Lanjutnya, prajurit selalu fokus pada tujuan yang hendak dicapai, sekaligus menghindarkan kalian dari pengaruh-pengaruh negatif yang dapat merusak citra TNI.

Dalam sambutan yang dibacakan Kasdam, Pangdam memberi penekanan yang hendaknya diperhatikan para prajurit. Penekanan tersebut antara lain, pertama , tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari sehingga membentuk prajurit yang berbudi luhur dan ber-disiplin tinggi.

Kedua, selalu berinovasi dan kembangkan inisiatif dalam setiap kegiatan serta hadapi semua persoalan dengan ke-percayaan diri yang kuat. Ketiga, tingkatkan semangat, motivasi, disiplin, jiwa korsa serta tekad yang bulat untuk menjadi prajurit yang profesional, sehingga organisasi tni ad akan semakin handal dan solid.

Keempat, jaga dan pelihara kesehatan, kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta fisik yang prima yang telah kalian miliki untuk menghadapi pendidikan lan-jutan yang lebih berat. Dan kelima, jadilah prajurit ksatria sejati yang dibanggakan, didambakan dan dicintai rakyat dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara. [pendam/abe]