Babinsa Dampingi Petani Panen Jagung

1139

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-05/Merauke, Kopda Laode Kasimpi melakukan pendampingan petani saat panen jagung di Kampung Wenda Asri, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke, Jumat (02/03/2018).

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa merupakan salah satu kegiatan teritorial dibidang pembinaan perlawanan wilayah (Wanwil) yang bertujuan membantu program pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan.  Adapun jenis jagung yang dipanen yaitu jenis jagung tongkol bima dari program pemerintah tahun 2017.

Dari hasil pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut didapat keterangan yang diperoleh dari petani tentang kendala yang dialami oleh para petani diantaranya tentang ketersediaan pupuk yang mengalami keterlambatan.

Selanjutnya Diharapkan dengan adanya pendampingan dari para Babinsa semua kendala yang dialami oleh para petani dapat segera diketahui sehingga dengan segera dapat dicarikan jalan keluarnya dan kejadian serupa tidak terulang kembali.

Bapak Wagirin, salah satu petani kampung Wenda Asri menerangkan bahwa hasil panen jagung kali ini mengalami penurunan, “yang biasanya dapat menghasilkan 6-7 ton/Ha, namun pada panen kali ini hanya menghasilkan 3-4 ton/Ha saja.” terangnya.

Hal ini disebabkan karena ketersediaan pupuk bantuan dari pemerintah Kabuapaten Merauke pada musim tanam ini terlabat disalurkan sehingga mempengaruhi hasil panen. [pendam/abe]