Danramil 1707-05/Merauke Berikan Wasbang Kepada Peserta Jambore Pemuda Distrik

424

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Danramil 1707-05/Merauke Mayor Inf Artiono memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada para peserta Jambore Pemuda Distrik di Kabupaten Merauke di Gedung Serbaguna Hotel Asmat Merauke, Senin (23/10/2017)

Kegiatan Jambore Pemuda Distrik di Kab. Merauke yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata tersebut mengangkat tema “Pemuda Berani Bersatu” dan sub tema “Meningkatkan Semangat Nasionalisme, Kesatuan dan Persatuan Dikalangan Pemuda” katanya.

Pada kesempatan tersebut Danramil 1707-05/Merauke Mayor Inf Artiono dihadapan 50 orang pemuda peserta Jambore Pemuda Distrik di Kab. Merauke yang berasal dari Distrik di wilayah Kab. Merauke memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Dalam materinya dijelaskan tentang bagaimana mempertahankan Ideologi Pancasila melalui Bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI.

Dijelaskan bahwa kondisi sekarang ini perang yang kita hadapi bukan lagi perang dengan menggunakan senjata melainkan perang yang kita hadapi saat ini adalah perang dengan menggunakan Proxywar. “Proxywar adalah perang dimana salah satu pihak menggunakan pihak ketiga atau kelompok lain yang dilakukan oleh state maupun non state”. Kata Mayor Inf Artiono menjelaskan.

Lebih lanjut Mayor Inf Artiono menjelaskan bahwa untuk menghadapi semua itu perlu adanya pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara agar Indonesia tetap jaya. Peningkatan Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk menyegarkan dan menguatkan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional Indonesia, Mencintai dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan sendiri serta semakin yakin akan kebenaran falsafah Pancasila, UUD 1945 sebagai satu-satunya pedoman penyelenggaraan negara, NKRI satu-satunya bentuk negara yang tepat untuk negara kepulauan dan pilihan hidup bersama dan mengajarkan menghargai sesama.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Danramil 1707-05/Merauke Mayor Inf Artiono selaku pemberi materi juga menjelaskan tentang nilai-nilai yang dikembangkan dalam Bela Negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara. (Abe)