Melalui TMMD, Mimpi Keluarga Mika Tagi Tinggal di Rumah Layak Huni Terwujud

1595
Foto bersama Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Agus Hartanto, dan undangan bersama keluarga Mika Tagi di depan rumah Mika Tagi yang beratapkan anyaman daun sagu.

MAPPI, PapuaSatu.com – Tinggal di rumah yang layak huni yang seakan menjadi mimpi bagi salah satu warga Kampung Bifo, bernama Mika Tagi dan keluarganya, kini menjadi kenyataan.

Hal itu setelah Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dalam program rutinnya yang digelar setiap tahun, di Tahun 2018 ini Kampung Bifo menjadi salah satu lokasinya, yang salah satu sasarannya adalah membangunkan rumah layak huni untuk warga, yang diantaranya adalah rumah yang ditingali Mika Tagi dan keluarganya.

Selama ini, Mika Tagi tinggal di rumah yang beratap anyaman daun sagu, resmi mulai dibangun oleh TNI melalui program TMMD ke-103 Tahun 2018, setelah diletakkan batu pertama pembangunannya oleh  Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu, usai membuka TMMD dalam upacara yang digelar di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi, Selasa (16/10/2018).

Mika Tagi yang rumahnya akan dibangun dalam program TMMD kali ini mengatakan, bahwa dirinya bersama keluarganya dari dulu hingga sekarang tinggal di rumah yang terbuat dari batang kayu dan beratapkan anyaman daun sagu, sehingga pada saat musim hujan atap bocor dan dalam rumah menjadi basah.

”Saya merasa senang dan bangga sekali dengan adanya program TMMD seperti ini, karena nantinya saya akan tinggal di rumah yang berlantaikan cor semen, berdinding batu dan kayu serta beratapkan seng sehingga pada musim penghujan tiba atap rumah sudah tidak bocor lagi,” ungkap Mika Tagi sambil tersenyum.

Peletakan batu pertama rumah layak huni untuk Mika Tagi dan keluarga, diawali oleh Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu, dan berturut-turut diikuti oleh Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan dan Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Agus Hartanto, Selasa (16/10/20180)

Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu saat membuka secara resmi kegiatan TMMD mengungkapkan, bahwa dengan dibangunnya rumah yang layak huni bagi masyarakat Kampung Bifo dalam program TMMD tersebut  diharapkan dapat memotivasi masyarakat setempat.

“Dibangunnya rumah yang layak huni bagi masyarakat Kampung Bifo ini diharapkan dapat memotivasi mereka agar lebih baik lagi dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) yang didapat setiap tahunnya,” ungkap Bupati Mappi dalam amanatnya selaku inspektur upacara pada upacara pembukaan TMMD Ke-103 di Kampung Bifo.

Sedangkan dalam pelaksanaannya peletakan batu pertama yang diawali oleh Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu tersebut berturut-turut diikuti oleh Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan dan Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Agus Hartanto serta disaksikan oleh Pabung Kab. Mappi Mayor Inf Artiono, Danramil 1707-07/Kepi Lettu Inf Surian dan para tokoh masyarakat Kampung Bifo serta Masyarakat Kampung Bifo.

Lebih lanjut Bupati Cristosimus Y. Agawemu mengungkapkan, bahwa pelaksanaan TMMD ke-103 Tahun Anggaran 2018, sesungguhnya adalah kepedulian Pemerintah Daerah dan TNI untuk masyarakat dalam menyediakan tempat tinggal yang layak huni.

“Harapan kami kedepan dana ADD dapat digunakan untuk membangun rumah dan sarana prasarana lain sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancer,” ungkap bupati.

Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Mappi, Bupati Mappi Cristosimus Y. Agawemu mengucapkan terima kasih kepada TNI yang melalui program karya bhaktinya telah membangunkan rumah layak huni untuk warga, maupun berbagai karya bakti yang berskala besar lainnya di seluruh distrik yang ada di wilayah Kabupaten Mappi.

“Selain itu, kami dari Pemerintah Daerah Kab. Mappi juga berpesan kepada seluruh masyarakat terutama yang ada di Kampung Bifo untuk bersama-sama menjaga tenaga pendidik yang kami kirim di sini dengan tujuan untuk mendidik anak-anak, karena mereka sebagai generasi penerus harus memiliki pengetahuan yang luas sepeti yang ada didaerah-daerah lain,” ujar bupati berpesan.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga mengimbau terkait pembersihan kampung maupun di sungai.

“Saya mengimbau kepada semua masyarakat, agar jangan selalu berharap kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan dana, akan tetapi harus dimulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan agar selalu lancer, karena semua itu untuk masyarakat sendiri,” lanjutnya.

Pembukaan TMMD yang mengusung tema ”TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokrasi”, dihadiri  juga Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Bambang Agus Hartanto, Pabung Kab. Mappi Mayor Inf Artiono, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, Kepala Dinas P & P Kab. Mappi Ibu Maria Goreti Letsoin, Kepala Distrik Passue Bawah Ibu Zainap , Kapolsek Senggo Iptu Irwanto, Kapolsek Soba Iptu Marwan, Danki Satgas Yonif 755/Yalet Lettu Inf Nuril Mustofa, Kepala Puskesmas Wonggi Ibu Andi Upi Yanti, Amk. dan Para Kepala Kampung se-Distrik Passue Bawah Kab. Mappi serta kurang lebih 800 orang masyarakat se-Distrik Passue Bawah.[yat]