Satgas Yonif 121/MK Gelar Pengobatan Massal dan Panggung Hiburan Rakyat

760

KEEROM, PapuaSatu.com – Dalam rangka menyambut HUT ke 73 TNI Satgas Yonif 121/MK dari Kodam I/Bukit Barisan yang sedang bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan Negara antara Indonesia dan Papua Nugini di Provinsi Papua, mengadakan pengobatan massal dan panggung hiburan rakyat di daerah pedalaman, tepatnya di Kampung Kalipao Distrik Yafi Kabupaten Keerom Papua, Kamis (04/10/2018).

Kegiatan pengobatan massal tersebut dipimpin langsung oleh Dokter Satgas Yonif 121/MK Letda Ckm dr. Agus Pigur dengan beranggotakan 15 personel Satgas Yonif 121/MK yang telah memiliki kualifikasi kesehatan.

Selain dalam rangka HUT TNI, kegiatan tersebut juga sengaja dilakukan oleh Satgas Yonif 121/MK untuk membantu masyarakat yang ada di pedalaman wilayah perbatasan negara yang jarang mendapat pelayanan kesehatan, dikarenakan jauh dari jangkauan seperti yang sudah pernah dilaksanakan sebelumnya di beberapa kampung yang ada di Kabupaten Keerom Papua.

Pengobatan massal ditargetkan dapat melayani pasien sebanyak 300 orang dari seluruh kategori umur dengan materi pengobatan umum yang meliputi, observasi, diagnosa, pengobatan, pemeriksaan darah dan pemeriksaan gizi anak.

Pengobatan massal ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat dan pasien yang datang bukan hanya dari Kampung Kalipao saja namun dari beberapa kampung yang ada di Distrik Yafi seperti Kampung Kalilapar, Kampung Wanda dan Kampung Sach.

Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang untuk mendapatkan pengobatan secara gratis. Tampak orang dewasa, anak-anak datang dengan orangtuanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sementaa itu, masih dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 73 ini dan masih bertempat di Kampung Kalipao untuk kegiatan malam harinya Satgas Yonif 121/MK menggelar panggung hiburan rakyat berupa hiburan musik yang menampilkan Band Macan Kumbang yang merupakan Band milik Satgas Yonif 121/MK dengan membawakan lagu-lagu Pop Indonesia dan lagu-lagu daerah yang bernuansa Papua.

Band yang terdiri dari personel Satgas Yonif 121/MK sengaja diselenggarakan untuk memberikan hiburan kepada warga yang selama ini sangat jarang sekali mendapatkan hiburan di kampung mereka serta untuk lebih mendekatkan lagi hubungan yang baik antara masyarakat dengan TNI.

Letkol Inf Imir Faishal pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa selain dalam rangka menyambut HUT ke 73 TNI kegiatan tersebut juga merupakan suatu kegiatan bentuk perhatian TNI kepada warga yang ada di pedalaman sekitar tapal batas negara yang jauh dari pusat pelayanan.

“Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali kami laksanakan di beberapa kampung di Kabupaten Keerom yang merupakan wilayah penugasan kami, namun kali ini bertepatan dengan momen HUT ke 73 TNI tahun 2018 ini, dengan kegiatan ini kami ingin lebih menunjukkan bahwa rakyat tidak perlu khawatir karena kami TNI akan selalu hadir bersama-sama rakyat,” tandasnya.[yat]