Jajaran Kodim 1701/Jayapura Bersihkan sepanjang Bibir Pantai Holtekamp

64

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sampah plastik terlihat memenuhi sepanjang bibir pantai Holtekamp. Sampah yang berserakan telah merusak keindahan Pantai Hamadi sebagai salah satu objek wisata di Kota Jayapura yang paling banyak dikunjungi oleh warga Kota Jayapura dan sekitarnya.

Melihat hal ini, sebanyak 20 personel Babinsa dari Koramil 1701-03/Abepura dan Koramil 1701-22/Muara Tami Kodim 1701/Jayapura beserta pemuda Kampung Enggros dan para Karyawan Kafe dan Restoran yang ada di sekitar Pantai Holtekamp, turun membersihkan sampah yang berserakan, di Distrik Hamadi Kota Jayapura, Selasa (26/07/2022).

Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Ricard Arnold Y. Sangari saat ditemui menyampaikan bahwa karya bakti yang dilakukan oleh anggotanya adalah wujud kepedulian setelah melihat beberapa berita di media massa yang mengatakan bahwa banyak sampah plastik berserakan di sepanjang bibir pantai Holtekamp.

Dandim menyebutkan, sampah yang berserakkan dapat  merusak keindahan Kota Jayapura dan dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Oleh karena itu, dirinya bersama seluruh anggota berinisiatif dengan mengajak para pemuda dan para pengusaha kafe dan restoran di sekitar tempat tersebut untuk turun langsung membantu membersihkan sampah tersebut.

Dengan banyaknya sampah plastik yang berhasil dikumpulkan menandakan masih kurangnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan terutama di tempat-tempat yang menjadi lokasi wisata dan kuliner di Kota Jayapura.

“Sampah tersebut ada yang ditinggalkan oleh para pengunjung pantai, ada juga sampah yang berasal dari limbah pasar yang terdampar dari laut. Seperti kita ketahui bahwa tidak jauh dari pantai Holtekamp terdapat pasar Hamadi,” imbuhnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan. “Sampah yang kita buang tidak pada tempatnya pasti akan menimbulkan bencana, seperti banjir maupun kerusakan ekosistem laut. Untuk itu, semuanya harus peduli dan  membiasakan hidup bersih,” tambahnya.

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menyampaikan apresiasi kepada para Babinsa yang merespon cepat keluhan masyarakat disekitarnya.

“Kita harus segera bertindak mengenai sampah plastik ini. Sebab ini akan merusak ekosistem, wisata dan biota laut. Kepedulian, menjaga, memelihara dan merawat lingkungan perlu terus digaungkan agar alam tidak menjadi ancaman tetapi justru membawa dampak sosial ekonomi bagi kehidupan manusia,” ungkap Danrem Brigjen TNI J.O Sembiring.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pihaknya telah memerintahkan kepada Dandim 1701/Jayapura untuk terus melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sehingga ada upaya bersama untuk mengatasi sampah ini.

Setelah dilakukan pembersihan, terlihat sampah yang sebelumnya memenuhi bibir pantai objek wisata Holtekamp kini sudah hilang dan menjadikan objek wisata tersebut asri bagi pengunjung untuk mengabadikan momen tanpa terganggu banyaknya sampah. [redaksi]