Kemeriahan HUT Ke-77 RI Bersama Satgas TNI 142/KJ di Puncak Kanggime

80

TOLIKARA, PapuaSatu.comSatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melalui Pos Kanggime ikut memeriahkan kemerdekaan bersama pemuda Distrik Kanggime melalui  berbagai perlombaan  yang berlangsung di di Desa, Distrik Kanggimedi Pos Kanggime, Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Minggu (21/08/2022).

“ Guna merayakan hari Kemerdekaan RI, Pos Kanggime mengadakan kegiatan perlombaan untuk masyarakat Distrik Kanggime di antaranya Lomba Bola volly Putra/Putri, lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng dengan sendok,”  ujar Danpos Letda Inf Ruri Pebri.

Letda Rudi menjelaskan, perlombaan yang dilakukan membukti bahwa TNI tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI) di wilayah penugasan Papua tapi memberikan bukti kecintaan TNI kepada rakyat. “Saya berharap perayaan HUT kemerdekaan RI berkesan dan berbekas dihati warga,” harapnya.

Yaguli Gurik selaku Kepala Suku Distrik Kanggime mengucapkan terimakasih terhadap Satgas 142 Pos Kanggime atas kepeduliaannya terhadap masyarakat Distrik Kanggime. “Dengan adanyanya kegiatan ini, dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara personel Pos dengan masyarakat Distrik Kanggime,” aku Yaguli Gurik.

Antusiasme warga masyarakat Distrik Kanggime terlihat dalam perlombaan menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Distrik Kanggime. [redaksi]

 

Untuk Persatuan Bhineka Tunggal Ika, Satgas TNI 321/GT Gelar Berbagai Perlombaan

NDUGA, PapuaSatu.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Dal melaksanakan kegiatan berbagai kegiatan perlombaan di Distrik Dal, Kabupaten Nduga, Papua. Minggu (21/08/2022).

Danpos Dal Lettu Inf Fachri Toisutta menjelaskan,  tujuan kegiatan berbagai perlombaan untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta kecintaan kepada NKRI.

Dimana menurutnya, rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama dengan masyarakat Distrik Dal meliputi Kampung Dal, Grimbun, Silan dan Bumiyalma dan dilanjutnya perlombaan balap karung, makan kerupuk dan panjat pohon pinang.

“Ya, perlombaan tersebut seluruh peserta melaksanakan tasyakuran dan diakhiri dengan pembagian hadiah, yang selanjutnya pemasangan Bendera Merah Putih ke honai-honai kawasan Distrik Dal, serta dirangkai pembagian sembako kepada masyarakat,” jelas Lettu Fachri.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat Distrik Dal salah satunya oleh Bapak Musa (53) Kepala Suku Dal.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh personel Pos Dal karena pada HUT RI tahun ini dapat dimeriahkan secara bersama-sama dengan masyarakat Distrik melalui beberapa rangkaian kegiatan yang berjalan dengan aman. Semoga kita selalu dalam lindungannya serta bisa saling membantu atas perintah Tuhan,” ucapnya.

Saat dihubungi untuk dikonfirmasi, Mayor Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad mengatakan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan semboyan Negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

“Dalam memeriahkan HUT RI ke-77 Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad juga mengelar perlombaan di Distrik Napua dan Distrik Mbua,” pungkas Dansatgas. [redaksi]