Kodam XVII/Cenderawasih Peringati Tahun Baru Islam 1444 H / 2022 M Di Masjid Al Fajr

29

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kodam XVII/Cenderawasih menggelar acara doa bersama dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah bersama penceramah Prof. Fr. Idrus Al Hamid, S.Ag., M.Si (Rektor IAIN Fathul Muluk Papua) dengan tema Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah, bertempat di Masjid Al Fajr Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (01/08/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah bersama Para Pajabat Kodam dan seluruh prajurit TNI-PNS Kodam XVII/Cenderawasih dilakukan secara sederhana dan penuh hikmah di Masjid Al Fajr.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Yudiono, S.Ag., M.Si mengatakan sudah sepatutnya menyambut 1 Muharam 1444 Hijriah dalam suasana rasa syukur kepada Allah SWT sehingga kita bisa merayakannya secara bersama-sama dalam suasana Ukhuwah Islamiyah. “Kita bersyukur bisa hadir di acara doa bersama dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H dengan sehat selamat,” katanya.

Perlu dipahami bersama bahwa sejarah peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam adalah Bulan pertama dalam Kalender Islam yang ditetapkan ketika Khalifah Umar Bin Khattab Radhiyallahu Anhu, menjadi Khalifah Tahun ke-17 Hijriyah.

“Ketika beliau menerima Surat Abu Musa Al As Ary Radhiyallahu Anhu, tanpa tanggal dan hari pengiriman. Hal itu menyulitkan, maka surat yang terlebih dahulu dan mana yang terakhir,” kata Kabintaljarahdam.

Kemudian lanjut dia, tersusun tanggal dalam Islam, sehingga berbagai usulan untuk menetapkan 1 Muharam, mulai dari lahir sampai dengan wafatnya Nabi Muhammad SAW serta peristiwa Hijrahnya beliau beserta para sahabat dari Mekah ke Madinah.

Setelah itu ditetapkanlah 1 Muharam yang diambil dari peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah karena memiliki nilai sejarah yang luar biasa dalam perkembangan dahwah Islam sebagai tonggak kemenangan Umat Islam saat itu.

Di tempat yang sama, Ustad Prof Dr. H. Idrus Al Hamid, S. Ag., M.Si (Rektor IAIN Fathul Muluk Papua) menyampaikan Peringatan Tahun Baru Islam pada hakekatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi Umat Islam. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.  [redaksi]