Tingkatkan Ketahanan Pangan Danrem 174/ATW Merauke Lakukan Terobosan Gandeng BPTPP

24

MERAUKE, PapuaSatu.com –  Dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan ketahanan pangan, Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E melakukan terobosan dengan  menggandeng Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian Papua (BPTPP) melakukan penanaman jagung bersama di lahan kosong milik masyarakat di Kampung Kamangi Distrik Tanah Miring Kab. Merauke Papua, Minggu (31/07/2022).

Penanaman jagung tersebut, diikuti oleh Kepala seksi Teritorial Korem 174/ATW Letkol Inf Lamberth J. Mailoa mewakili Danrem 174/ATW, Dr. H. Sulaiman L. Hamza (Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan), Ibu Fauzun Nihaya (Anggota DPRD Papua), Ibu Martina (Kepala BPTPP) dan para Kelompok Tani Distrik Tanah Miring Kab. Merauke serta para Babinsa.

Usai penanaman jagung bersama dilanjutkan penyerahan bibit tambahan jagung, bibit sayur-sayuran dan bibit pisang serta bibit holtikultura bertempat di Kampung Kamangi Distrik Tanah Miring Kab. Merauke Papua Selatan.

Danrem dalam sambutannya yang disampaikan oleh Letkol Inf Lamberth J. Mailoa bahwa Korem 174/ATW pada kesempatan ini telah membuka lahan kosong untuk penanaman jagung seluas 2 Hektar dan kedepannya secara bertahap akan membuka lagi lahan-lahan baru baik di satuan TNI AD maupun lahan kosong milik masyarakat/swasta.

Menurutnya, pembukaan lahan dan penanaman jagung Korem 174/ATW juga sudah dilakukan sebelumnya bersama para gabungan kelompok tani di Distrik Ngutibob Distrik Sarmayam Kab. Merauke, sehingga ke depan Korem 174/ATW akan terus membuka dan memanfaatkan lahan kosong guna meningkatkan ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan ini juga  merupakan salah satu program TNI AD untuk meningkatkan  kesejahteraan dan taraf hidup  masyarakat petani di bidang pertanian serta mengatasi krisis pangan dunia,” ujar Letkol Inf Lamberth.

Lebih lanjut disampaikan Letkol Inf Lamberth  bahwa Korem 174/ATW Merauke  hadir di tengah masyarakat untuk meringankan beban dan kesulitan masyarakat serta harus dapat menjadi solusi, salah satunya melalui kegiatan ketahanan pangan sehingga kebijakan Kasad kepada seluruh jajaran TNI AD secara serentak membuka lahan di satuan TNI AD dan pemanfaatan lahan kosong milik masyrakat untuk penanaman jagung guna mewujudkan ketahanan pangan nasional (swasembada pangan).

Program ketahanan pangan oleh Korem 174/ATW dalam mengelola lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif karena jagung selain sebagai bahan pokok pengganti  beras yang bisa dikonsumsi masyarakat juga di wilayah Merauke dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan ternak.

“Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk bersama sama menyukseskan program ini, apalagi Korem 174/ATW sudah membuat kesepakatan bersama para kelompok tani tentang penjualan hasil panen jagung Korem 174/ATW berkomitmen untuk menggandeng rekanan kerja untuk menampung hasil panen jagung para petani dengan harga yang stabil dan sudah ada MoU tentang harga jagung sehingga petani tidak perlu ragu lagi dengan harga hasil panen jagung,” ucap Kasiter.

Diakhir sambutanya Danrem 174/ATW mengucapkan terimakasih kepada pihak pihak yang telah mendukung dan berperan aktif serta berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ketahan pangan ini. [redaksi]