Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Mimika Praktek Nyata Penanaman Perdana Jagung

20

TIMIKA, PapuaSatu.com – Dalam rangka membantu mengantisipasi krisis pangan serta mengatasi kesulitan masyarakat yang berada di wilayah binaan, Kodim 1710/Mimika bersama kelompok tani menggelar kegiatan praktek nyata penanaman pohon jagung manis Bonanza di lahan milik Kodim 1710/Mimika seluas 1 dari 2,6 Ha yang dipimpin langsung oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, di Distrik Mimika Barat Kab. Mimika, Jumat (29/07/2022).

Kegiatan tersebut juga menggandeng Dinas terkait seperti Dinas Pertanian, tanaman pangan dan Holtikultura serta Dinas Ketahanan Pangan Kab. Mimika.

Dalam Sambutanya Dandim 1710/Mimika menyampaikan bahwa mewujudkan ketahanan pangan wilayah merupakan tanggungjawab bersama. Untuk itu, melalui kegiatan praktek nyata penanaman pohon jagung, Dandim mengajak semua pihak untuk saling bahu membahu dalam membantu menggerakkan ekonomi kerakyatan.

“Kegiatan ini sebagai wujud pembinaan teritorial TNI AD dalam rangka pemulihan ekonomi dan reformasi melalui pembinaan ketahanan pangan,” kata Dandim.

Dandim juga menyebutkan bahwa hasil panen kebun jagung manis itu nantinya akan dibagikan ke masyarakat binaan, selain itu kedepan beliau juga akan terus membuka lahan milik Kodim 1710/Mimika dari lahan tidur menjadi lahan produktif.

“Masalah ketahanan pangan memang harus dibangun, untuk itu perlu adanya edukasi agar masyarakat dapat mandiri dalam hal eksistensi pangan. Kami selaku aparat teritorial akan selalu berada di tengah masyarakat guna membantu kesulitan rakyat di wilayah binaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Produksi Tanaman Pangan Bapak Daniel dari Dinas Pertanian, tanaman pangan dan Holtikultura menyampaikan apresiasi kepada Kodim 1710/Mimika karena pembinaan pertanian telah menjadi salah satu lokasi pengembangan program ketahanan pangan.

“Kami siap dukung penuh program ini. Bahkan kalau bisa bersama-sama, kita kembangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan daerah,” ucapnya.  [redaksi]