Tingkatkan Kemitraan, Kapolda dan Rektor Uncen Teken MoU

0
1454
Caption Foto : Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar dan Rektor Uncen DR. Ir. Apollo Safanpo, ST.MT saling tukar Cinderamata usai penadatangan MoU. (Humas Polda/PapuaSatu.com)

Caption Foto : Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar dan Rektor Uncen DR. Ir. Apollo Safanpo, ST.MT, saat menandatangani MoU,  di Ruang Rapat Rektor Uncen, Rabu (7/3/2018). (Humas Polda/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kepala kepolisian daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Drs. Boy Rafli Amar dan Rektor Uncen DR. Ir. Apollo Safanpo, ST.MT bersama-sama menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dalam meningkatkan kemitraan.

Penandatanganan yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Lantai III Gedung Rektorat Universitas Cenderawasih Jalan Kampwolker, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram-Kota Jayapura, Rabu (7/3/2018).

Turut hadir dalam penandatangan MoU yakni, Karo Rena Polda Papua Kombes Pol Drs. Sugeng Harianto, Karo Sarpras, Kabid Keu, Kabid Propam, Dir Reskrimsus, Dir Polairud, Dir Intelkam, Kabid Dokkes, Kabid Kum Polda Papua Kombes Pol. Sugeng Utomo, SH, S.IK, MH, Pembantu Rektor I, II dan IV Uncen, dan seluruh dekan Fakultas Uncen.

Kapolda Papua dalam sambutannya menyampaikan, penandatanganan MoU yang dilakukan merupakan bentuk komitmen antara Polda Papua dengan Universitas Cenderawasih.

Tanpa adanya Mou yang telah ditandatangani, kami sebagai Pihak Kepolisian akan tetap memberikan keamanan atas Kamtibmas di wilayah Papua. Sebab bela negara merupakan tanggung jawab bersama.

Caption Foto : Suasana Pertemuan Penandatangan MoU di Ruang Rapat Pimpinan Uncen. (Humas Polda/PapuaSatu.com)

“Oleh karena itu dengan adanya Mou ini kita bisa bersama-sama memberikan pemahaman kepada generasi muda agar tidak terpengaruh dengan media sosial maupun kegiatan negatif lainnya,” kata Kapolda.

Jenderal bintnag dua ini menegaskan, kepolisian saat ini sedang melakukan pendekatan dengan berbagai elemen baik di lingkup Sekolah, Gereja, Masjid, Masyarakat maupun Kampus. “Kita sangat bersyukur hari ini kita diberikan ruang dan kesempatan untuk bersama-sama menyelamatkan aset bangsa yaitu generasi muda,” ujarnya.

Polda Papua sangat membuka diri untuk menunjang sistem pendidikan yang ada di Kampus, diantaranya apabila pihak Kampus akan melakukan praktek di Polsek, Polres maupun Polda.

Bahkan Polda Papua sudah ada sekitar 80 orang anggota yang merupakan Alumni Universitas Cenderawasih, sehingga diharapkan mereka dapat menjadi jembatan atas kerja sama yang saat ini kita jalin.

“Kedepan Penyidik Kepolisian diharuskan memiliki Gelar Sarjana Hukum (SH), sehingga dalam kesempatan ini kami meminta kepada Pihak Universitas Cenderawasih untuk membuka kelas khusus bagi Penyidik Kepolisian,” tukasnya.

Kapolda menuturkan, dalam proses perekrutan anggota Kepolisian, saat ini Polda Papua sudah melakukan program 70% untuk orang asli Papua dan 30% untuk Non asli Papua, sehingga ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian Kepolisian terhadap orang asli Papua.

“Kami akan terus melakukan upaya Pre Entif (kerja sama) khususnya dengan Universitas Cenderawasih untuk menyerukan Pilkada Damai di Tanah Papua, sehingga masyarakat akan memahami dan kembali berfikir sebelum melakukan tindak kriminal,” kata Kapolda.

Caption Foto : Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar dan Rektor Uncen DR. Ir. Apollo Safanpo, ST.MT saling tukar Cinderamata usai penadatangan MoU. (Humas Polda/PapuaSatu.com)

Kapolda pun berharap kpada pimpinan Lembaga Universitas Cenderawasih agar dapat memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah dipengaruhi dan di provokasi oleh Kaum Elit Politik untuk kepentingan mereka sendiri.

Rektor Universitas Cenderawasih DR. Ir. Apollo Safanpo, ST, MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa Nota Kesepahaman yang dilakukan antara Polda Papua dengan Universitas Cenderawasih dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kedisiplinan Mahasiswa ataupun yang lainnya, sehingga seluruh aktivitas Perkuliahan dapat berjalan normal dan lancar.

Komitmen ini dilakukan karena sebelumnya Kampus sering digunakan untuk aksi demonstrasi yang berujung terjadinya aksi pemalangan dan pada saat meminta bantuan dari Kepolisian harus ada permintaan secara resmi.

Oleh karena itu dengan Mou yang dilakukan pada saat ini maka diharapkan menjadi tonggak awal kerja sama yang baik antara Polda Papua dengan Universitas Cenderawasih.

“Kami sangat menyambut baik Mou yang telah dilaksanakan, sehingga kedepan kami harapkan ada Aparat Kepolisian yang menjaga ataupun melakukan patroli di sekitar Lingkungan Universitas Cenderawasih guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi Mahasiswa maupun Dosen,” paparnya.

Bahkan lanjut dia, dengan adanya MoU ini kami ingin menghilangkan pandangan bahwa Kepolisian dilarang memasuki wilayah Kampus, sehingga kedepan apabila ada aksi demo yang mengganggu aktivitas Perkuliahan, maka Pihak Kepolisian bisa mengambil tindakan tegas.

Usai pemberian sambutan dilanjuti dengan Penyerahan Cinderamata oleh Rektor Universitas Cenderawasih DR. Ir. Apollo safanpo, ST, MT kepada Kapolda Papua  Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH. [humas/loy]