800 Anggota TNI – POLRI Siap Amankan PSU Kabupaten Jayapura

327

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli amar saat memberikan keterangan pers usai Apel Gabungan di Lapangan Bas Yowe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (4/8). Foto : Abe Yurie



Jayapura, PapuaSatu.com – Sebanyak 800 personil gabungan disiapkan untuk mengamankan berlangsungnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Jayapura yang dijadwalkan akan dilangsungkan, Rabu (9/8) mendatang.

Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli Amar, yang ditemui sejumlah awak media seusai Apel Gabungan dalam rangka Kesiapan Pengamanan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura Tahun 2017 di Lapangan Bas Yowe, Jumat (4/8) mengatakan, 800 personil gabungan nantinya akan disebar keseluruh TPS dan beberapa wilayah untuk melakukan patroli.

Baca juga : Jelang PSU Jayapura, TNI/Polri Gelar Pasukan

“Jadi nantinya ada yang monitor TPS dan ada juga yang memonitor kegiatan pelaksanaan PSU dan patroli gabungan TNI – POLRI ini bertujan agar selama kegiatan pemungutan suara ini berlangsung kondusif” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Personil gabungan ini akan berada di dimasing-masing lokasi sehari sebelum berlangsungnya PSU Kabupaten Jayapura.

Untuk mencegah terjadinya pelanggaran, Boy Rafli menuturkan bahwa dalam pengamanan ini ada Gakumdu yang dikoordinir Bawaslu yang didalamnya ada unsur penyidik Polri dan Kejaksaan yang tugasnya untuk menindak tindak pidana pemilihan telah siap dalam melakukan tugasnya.

“Gakumdu ini akan menjalankan perannya jika menemukan adanya pelangaran – pelanggaran dalam pelaksanaan kegiatan PSU Kabupaten Jayapura” tuturnya.

Iapun mengungkapkan, didalam membangun kebersamaan semangat Pemilu damai pihaknya telah melakukan sejumlah pertemuan yang bertujuan untuk memberikan support agar Pemilihan Kepalda Daerah di Kabupaten Jayapura berlangsung damai.

Sementara itu, saat ditanyai soal pelaksanaan PSU Kabupaten Jayapura yang mungkin akan diundur, ia mengatakan belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut, karena ia dan personilnya hanya mengikuti jadwal yang dikeluarkan oleh KPU Provinsi Papua yang bertindak sebagai KPU Kabupaten Jayapura.

“Jadi prinsipnya kami selalu siap, mau pelaksanaanya digelar tanggal Sembilan ataupun diundur, kami selalu siap dan kita tidak akan persoalkan apabila nanti terjadi pengunduran, karena penyelenggara adalha KPU dan KPU yang menentukan kapasitas kapan dilaksanakannya PSU ini” pungkasnya. (Abe)